• Rabu, 27 Oktober 2021

Fakta Menarik! Ini Nama Tempo Doeloe 5 Pulau Besar di Indonesia

- Rabu, 22 September 2021 | 16:55 WIB
Fakta Menarik! Ini Nama Tempo Doeloe 5 Pulau Besar di Indonesia (Dok.klikanggaran.com/KR)
Fakta Menarik! Ini Nama Tempo Doeloe 5 Pulau Besar di Indonesia (Dok.klikanggaran.com/KR)

Jakarta, Klikanggaran.com – Seperti diketahui, Indonesia adalah negara kepulauan. Menurut Deputi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, terdapat 17.504 pulau yang termasuk ke dalam wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Fakta mencatat, 16.056 pulau telah dibakukan namanya di PBB hingga Juli 2017.

Fakta menarik pada tahun 2017, pernah ada kontroversi di tengah publik ketika ada puluhan pulau Indonesia yang dimiliki secara pribadi oleh warga negara asing. Mereka bahkan berani mengusir warga sekitar untuk mengunjungi pulau-pulau privat tersebut. Beberapa di antaranya terletak di Karimunjawa & Kepulauan Seribu.

Fakta menarik lain, di antara pulau-pulau yang namanya sudah terdaftar di PBB itu, ada 5 pulau milik Indonesia yang di masa lalu mempunyai sebutan lain. Berikut 5 pulau itu:

Baca Juga: Menteri Kesehatan Brasil Dinyatakan Positif Covid-19 Tak Lama setelah Bolsonaro Berbicara di Majelis Umum PBB

1. Sumatera – Swarnadwipa

Sumatera, pulau besar yang menjadi benteng wilayah Indonesia bagian barat ini dahulu dikenal sebagai Pulau Swarnadwipa atau Suvarnadwipa. Menurut laman National Geographic, nama "Suvarnadvipa" muncul dalam Prasasti Nalanda di India yang berangka tahun 860. Saat itu, prasasti menceritakan ekspedisi raja ke Kerajaan Sriwijaya di Sumatera.

Swarna atau Suvarna sendiri memiliki makna emas. Sebab, saat itu Sumatera memang dikenal sebagai penghasil emas. Istilah ini juga disebut pada kisah Ramayana.

Baca Juga: Pantes Banjir Terus, Pengendalian Pemanfaatan GSS Pemprov DKI Jakarta Juga Belum Memadai

2. Jawa – Jawadwipa

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X