Bakhtiar Sebut Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian Merupakan Bagian Penting dari Pembangunan Pertanian 

- Selasa, 31 Mei 2022 | 20:38 WIB
Bakhtiar Sebut Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian Merupakan Bagian Penting dari Pembangunan Pertanian  (Dok. Annuza)
Bakhtiar Sebut Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian Merupakan Bagian Penting dari Pembangunan Pertanian  (Dok. Annuza)

KLIKANGGARAN -- Pembangunan sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan masih merupakan salah satu tumpuan dalam memberikan kontribusi secara Nasional. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Nasional tahun 2017, penduduk Indonesia yang bertempat tinggal di pedesaan masih 78% dari total keseluruhan dengan mata pencaharian di bidang pertanian (tanaman pangan, perkebunan, dan peternakan).

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Batang Hari H. Bakhtiar saat mengunjungi Pasar Tani di halaman kantor Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Batang Hari, Selasa (31/05/2022).

Disebut Bakhtiar, Penyelenggaraan penyuluhan pertanian merupakan bagian penting dari pembangunan pertanian yang tujuan akhirnya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap petani ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: Inilah Persiapan Stasiun Manggarai Sebagai Stasun Sentral

Ia menambahkan, dengan tercapainya tujuan itu, akan berdampak pada petani dan keluarganya. Usaha pertaniannya, akan menjadi lebih baik, lebih menguntungkan dan kehidupannya pun menjadi lebih baik.

Kalau mengacu dengan tujuan di atas dan dengan diberlakukannya Otonomi Daerah, maka penyelenggaraan penyuluhan pertanian harus berorientasi kepentingan dan kebutuhan petani. Baik materi, sistem, metode, maupun media yang digunakan, ujarnya.

Kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan Dinas TPH pada bidang penyuluhan, melalui para penyuluh di lapangan agar inovasi di Bidang Pertanian (Tanaman Pangan, Peternakan dan Perkebunan) serta Perikanan, dapat di transfer ke tingkat petani.

Baca Juga: Kritik Ketua PSSI Berasal dari Kepolisian, komika Bintang Emon Dapat Serangan Balik

"Kita mengharapkan terjadi peningkatan produksi secara kualitas maupun kuantitas," kata Wabup

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X