• Selasa, 24 Mei 2022

Dirlantas Polda Jambi: Truk Batubara yang Belum Memasang Nomor Lambung Tidak Boleh Beroperasi

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:53 WIB
Dirlantas Polda Jambi: Truk Batubara yang Belum Memasang Nomor Lambung Tidak Boleh Beroperasi (Annuza An)
Dirlantas Polda Jambi: Truk Batubara yang Belum Memasang Nomor Lambung Tidak Boleh Beroperasi (Annuza An)

KLIKANGGARAN -- Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jambi, Kombes Pol Dhaffi menegaskan Truk muatan batubara sekarang harus memiliki nomor lambung khusus. Truk dan angkutan batubara yang belum memasang nomor lambung (yang dikeluarkan oleh Dishub) tidak boleh beroperasi per tanggal 20 Mei 2022.

Hal itu ditegaskan Dhaffi usai rapat koordinasi membahas angkutan batubara Jumat tanggal 14 Mei 2022 pada Rapat Koordinasi menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Dirjend Pertambangan Kementerian ESDM yang melibatkan Polda Jambi bersama Pemerintah Daerah serta stakeholder terkait.

Rapat dipimpin oleh Asisten 1 didampingi oleh Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi dan turut dihadiri Dirreskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Christian Tory, Kadishub Provinsi Jambi, Inspektorat Dirjen Pertambangan dan stake holder lainnya.

Baca Juga: Ciptakan Kemandirian Pangan di Desa, TP-PKK Luwu Utara Bagi-bagi Benih Sayuran

Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhaffi mengatakan rakor digelar meneruskan petunjuk Kapolda terkait SE Dirjend Pertambangan yang sudah turun 2 sesi namun belum ada realisasi secara nyata.

"Dalam hal ini Polda Jambi dan stakehoder lainnya telah melakukan sosialisasi, dan berbuat terkait angkutan batubara," ucap Dhaffi

Dia mengatakan, jalur batu bara dalam bentuk anev kasus lakalantas, dominan melibatkan angkutan batubara. Sementara ini merupakan penyumbang terbesar angka kecelakaan. Sehingga memang perlu jalur khusus untuk angkutan batubara.

Baca Juga: KMAKI: PT BA Penyumbang Terbesar Kerusakan Lingkungan di Lahat dan Muara Enim

Dirlantas meminta Dirjen Pertambangan melalui inspektoratnya segera melaksanakan aturan sesuai PERMEN ESDM NO 7 TH. 2020. Khususnya dalam hal manajemen pengendalian operasional angkutan batubara sesuai peraturan tersebut.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X