• Rabu, 29 Juni 2022

Gedung KPI di Cikini dan Tanjung Priok Milik Pelaut, Bukan Pengurus yang Sesukanya Menguasai

- Kamis, 16 Desember 2021 | 20:45 WIB
Penangkapan pelaut terkait kasus gedung KPI di Cikini (Dok.klikanggaran.com/TeddyS)
Penangkapan pelaut terkait kasus gedung KPI di Cikini (Dok.klikanggaran.com/TeddyS)

KLIKANGGARAN – Untuk diketahui, pada sekitar bulan Juni 2020, konon terjadi penangkapan seorang tokoh pelaut Tanjung Priok oleh aparat kepolisian Polda Metro Jaya. Penangkapan dilakukan karena adanya laporan Pengurus Pusat (PP) KPI yang dikomandoi Presiden KPI, Prof. Dr. Mathias Tambing, SH. MSc.

Dalam laporan disebutkan, diduga tokoh pelaut yang ditangkap itu melakukan penyerobotan Gedung KPI. Gedung tempat berkantornya Pengurus KPI Cabang Tanjung Priok.

Mengingat peristiwa itu, Komunitas Pelaut Senior merasa geram terhadap sikap PP KPI yang dinilai sewenang-wenang tersebut.

Penasehat Komunitas Pelaut Senior, Binsar Effendi Hutabarat, menjabarkan, para tokoh pelaut perwira pelayaran niaga dari jebolan kampus ilmu pelayaran yang juga pemimpin organisasi kepelautan berkonsensus untuk melahirkan organisasi satu wadah organisasi kepelautan yang kuat dan tidak berpolitik praktis di tahun 1966.

Baca Juga: Kombinasi Delta dan Omicron Akan Menghasilkan Virus Super-Mutant?

Maka dengan nama Persatuan Pelaut Indonesia (PPI) atau The Indonesian Seamen Union, wadha ini dibentuk dari, oleh, dan untuk pelaut Indonesia. Bukan dibentuk untuk orang lain yang bukan profesi pelaut.

Berikutnya di tahun 1976 saat dideklarasikan Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) menggantikan PPI. Hal ihwal pembentukannya tetap tidak begeser atau berubah, yaitu dari, oleh, dan untuk pelaut Indonesia.

“Frasa dibentuknya itu baik saat bernama PPI maupun bernama KPI, dalam Mukadimah Anggaran Dasar (AD) KPI hal dibentuk dari, oleh, dan untuk pelaut Indonesia tetap termaktub,” tutur Binsar di poskonya, Jakarta, Kamis, 16 Desember 2021.

Dengan demikian menurut Binsar, yang namanya PP KPI apalagi bukan berprofesi pelaut, terlebih lagi bukan pula sebagai pelaut anggota KPI, yang hanya berkewajiban dan bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan, pembelaan hak dan kepentingan, serta peningkatan kesejahteraan pelaut dan keluarganya.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Minyak Mentah Rusia Lebih Banyak Diimpor Uni Eropa

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:40 WIB
X