• Selasa, 16 Agustus 2022

Keren, Sekilas Kesan dan Pengalaman Menarik Mahasiswa Yang Magang di DPR RI

- Minggu, 14 November 2021 | 17:43 WIB
Peserta magang di DPR RI (Klikanggaran/RHI Muhammad Taufiqurrachman)
Peserta magang di DPR RI (Klikanggaran/RHI Muhammad Taufiqurrachman)

KLIKANGGARAN-- Terhitung sejak 1 September 2021 para mahasiswa yang lolos seleksi magang di rumah rakyat DPR RI kini memasuki fase terakhir.

Kegiatan magang ini merupakan salah satu program kampus merdeka yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek yang bekerja sama dengan Sekretariat Jendral DPR RI untuk memberikan kesempatan kepada para mahasiswa yang ingin mengetahui bagaimana bekerja di rumah rakyat tersebut.

Menurut Dr. Indra Iskandar terdapat 17 ribu mahasiswa yang mendaftar dalam program magang ini, namun hanya 200 mahasiswa saja yang dinyatakan lolos seleksi dan mendapatkan kesempatan untuk belajar di lembaga perpolitikan terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Aktivis Antikorupsi Soroti Dugaan Carut Marut Keuangan di PT Linggau Bisa

Magang yang berlangsung dari 1 September 2021 hingga 22 Desember 2021 ini sudah memasuki minggu ke 11 dari 17 minggu yang direncanakan dan akan dilalui oleh seluruh para peserta magang. 11 minggu yang sudah dilewati tentunya telah memberikan kesan dan pengalaman yang menarik bagi para mahasiswa magang di DPR RI ini.

Hal itu pun diutarakan oleh salah satu peserta bernama Johanis Kuahaty, mahasiswa asal Ambon yang berkuliah di Universitas Nusa Cendana, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Magang di rumah rakyat merupakan impian besar bagi saya. Bagaimana tidak? Kita berada di sebuah laboratorium politik terbesar yang ada di negara ini. Apalagi secara pribadi saya yang berlatarbelakang pendidikan ilmu politik tentu saja menjadikan hal ini sebagai salah satu pengalaman yang tak bisa dilupakan", tuturnya.

Baca Juga: Kilang Pertamina RU IV Cilacap Terbakar, CERI Duga Bukan Petir Penyebab Utamanya

Ia juga menambahkan jika pengalaman dan ilmu betul-betul didapatkan secara langsung dari para pelaksana parlemen, baik tugas atau fungsi DPR RI maupun membicarakan dinamika keadaan negara yang ada. Dan tentunya relasi dan persahabatan dengan teman-teman baru menambah kenikmatan tersendiri saat mengikuti magang di DPR RI.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X