• Jumat, 30 September 2022

Mengenal Perbedaan Ikhbar dan Isbat Terkait Penetapan Tanggal 1 Ramadan 1443 H oleh Pemerintah

- Jumat, 1 April 2022 | 21:22 WIB
Hilal (gopos.id)
Hilal (gopos.id)

KLIKANGGARAN -- Sebagaimana diketahui bahwa hari ini semua warga masyarakat Indonesia menuggu hasil isbat dari kementerian agama (Kemenag), Jumat, 1 April 2022.

Kementerian Agama secara resmi menetapkan bahwa tanggal 1 Ramadan jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022.

Terkait hasil isbat yang baru saja dikeluarkan oleh Kemenag, tidak banyak diketahui bahwa selain isbat, ada juga ikhbar terkait penentuan tanggal 1 Ramadan 1443 H.

Perlu diketahui bahwa ketika isbat belum dikeluarkan oleh yang berhak mengeluarkannya, dalam hal ini Kemenag, maka informasi terkait penentuan tanggal 1 Ramadan itu tidak disebut isbat, melainkan Ikhbar.

Baca Juga: Hilal Belum Terlihat, PBNU: Awal Rajab 1443 Jatuh pada Kamis, 3 Februari 2022

Biasanya, menurut Marsyudi Suhud, tokoh NU, organisasi meng-ikhbarkan penentuan dari berbagai metode yang dilakukan, kemudian Kemenag meng-isbatkan, hasil akhir dari proses penentuan yang telah dilaksanakan.

Ikhbar sifatnya belum tetap, melainkan hanya sebuah informasi saja, sedangkan isbat adalah penetapannya yang dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Kemenag yang diumumkan oleh Menag yang menjabat.

Perbedaan antara ikhbar dan isbat terlihat sangat jelas, yang mana ikhbar hanya sekedar informasi yang belum menjadi ketetapanm sedangkan isbat adalah ketetapan yang dikeluarkan oleh yang berwenang.

Baca Juga: Habib Kribo Unggah Foto Peluk Anjing, 'Monggo Kadrun Digoreng!' dan Sebut Jokowi Tidak Adil karena Ucap MotoGP

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Caranya Cek Hasil Pengumuman SNMPTN 2022

Selasa, 29 Maret 2022 | 15:26 WIB

Ibadah Terasa Berat? Lawan dengan Hakikat Ini!

Sabtu, 19 Maret 2022 | 22:26 WIB
X