• Selasa, 18 Januari 2022

Kiat Memilih Bacaan Sebagai Selingan di Kala Gabut Melanda

- Selasa, 21 September 2021 | 21:12 WIB
Kiat Memilih Bacaan Sebagai Selingan di Kala Gabut Melanda (Dok.klikanggaran.com/KR)
Kiat Memilih Bacaan Sebagai Selingan di Kala Gabut Melanda (Dok.klikanggaran.com/KR)

Klikanggaran.com - Bingung memilih bacaan? Dilema antara bacaan serius atau nirserius? Atau, malah bingung karena dana terbatas, padahal ingin memborong segudang judul? Tenang saja. Kami, Tim Klik yang lucu dan imut, akan menjembreng kiat-kiat mudah memilih bahan bacaan untuk kegabutan Anda yang haqiqie.

Gabut adalah kelumrahan sejak negara api menyerang, eh, sejak pandemi melanda. Karena jarang mendapat kewajiban datang ke kantor, juga karena beban tugas mungkin agak berkurang, muncullah waktu-waktu suwung. Suwung ini adalah kondisi ketika semua pekerjaan domestik sudah beres, tetapi energi masih berlimpah. Maka, membaca adalah jalan ninjanya. Hanya saja, supaya tidak menghamburkan tabungan yang tidak seberapa itu, Anda perlu memilih bacaan dengan cermat.

Bacaan apa, sih, yang baik untuk menghalau gabut? Apakah harus yang penuh humor dan keimutan layaknya Tim Klik? Ataukah harus yang seram-seram macam laporan keuangan perusahaan plat merah? Atau yang ringan-ringan saja macam bobot ciki-cikian favorit kita bersama? Mari kita simak penjelasan berikut.

Baca Juga: Dahulukan Adab dari Ilmu, Cerminan Sikap MFA, Masya Allah! Keren Nian Bupati Ini!

Pertama, pilihlah bacaan yang menarik minat Anda. Akan terasa konyol jika Anda membaca sesuatu yang jauh dari minat, padahal tidak sedang terikat kewajiban layaknya seorang pengulas buku. Minat ini, dengan kata lain, tidak boleh ada intervensi dari pihak luar. Anda harus mendengar kata hati Anda, alih-alih mendengar bisikan gaib teman yang kebetulan punya toko buku daring.

Jika Anda sukanya kumpulan cerpen, ya, jangan mau kalau dibujuk beli kumpulan cerita lelembut. Atau, jika Anda sukanya bacaan soal pertanian, ya, jangan mau kalau ditawari buku primbon togel. Jangan mau pokoknya. Nanti dijewer Bang Rhoma.

Baca Juga: Di Bekasi, Masuk Indomaret Harus Pakai Sertifikat Vaksin!

Kedua, pilihlah bacaan yang harganya sesuai dengan kemampuan. Anda mampunya lima puluh ribu sebulan, ya, coba tengok buku-buku second hand. Zaman sekarang cari buku second hand cukup mudah. Stok pun melimpah. Tinggal pilih. Kalau mampunya lima ratus ribu sebulan, ya, berarti buku-buku terbitan baru bisa menjadi pilihan.

Anda mungkin akan mendapat buku-buku terjemahan yang menjadi perbincangan dunia macam Sapiens-nya Yuval Noah Harari, atau Origin-nya Dan Brown, atau mungkin beberapa judul dari tulisan Khalil Gibran. Ya, siapa tahu saja Anda berminat menjajal masuk dunia tarik suara, eh, dunia para penyair. Atau, Anda mampunya lima ratus juta sebulan. Ya, sudah, tidak usah beli buku apa-apa lagi sebab sekarang Andalah yang berjualan buku.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menikah atau Tidak Menikah?

Rabu, 12 Januari 2022 | 09:03 WIB

Melepas Keriuhan, Menyambut Keheningan

Selasa, 4 Januari 2022 | 16:27 WIB

Pemikiran Gus Dur dalam Pergerakan PMII

Kamis, 30 Desember 2021 | 19:39 WIB

Relasi Sinergis Nahdlatul Ulama-Partai Gerindra

Minggu, 19 Desember 2021 | 12:42 WIB

Jangan Stigma Negatif Pesantren

Sabtu, 11 Desember 2021 | 21:25 WIB

Mengulik Makna Selangkangan

Senin, 6 Desember 2021 | 17:28 WIB

Pentingnya Perencanaan Tenaga Kerja di Perusahaan

Jumat, 19 November 2021 | 18:32 WIB
X