• Rabu, 5 Oktober 2022

Ketika Dua Lembaga Bawa Berkas Dugaan Korupsi ke Kejagung RI, Apa yang Terjadi?

- Kamis, 16 Desember 2021 | 21:30 WIB
Dugaan Korupsi di Kota Cilegon dilaporkan ke Kejagung RI (Dok.klikanggaran.com/JA)
Dugaan Korupsi di Kota Cilegon dilaporkan ke Kejagung RI (Dok.klikanggaran.com/JA)

KLIKANGGARAN – Hari ini, Kamis, 16 Desember 2021 dua lembaga berkolaborasi melaporkan dugaan korupsi. Satu dari Forum Mahasiswa Anti Korupsi DKI dan Banten, satu lagi dari Center for Budget Analysis (CBA).

Forum Mahasiswa yang terdiri dari Lembaga Ruang Berpikir, Persatuan Mahasiswa Cilegon (PMC), dan Forum Mahasiswa DKI Jakarta, bersama CBA menyampaikan laporan dugaan korupsi di Kota Cilegon kepada Kejaksaan Agung RI.

Dugaan korupsi yang mereka laporkan terdiri dari dua kasus. Pertama kasus suap yang diduga melibatkan wali Kota Cilegon, Helldy Agustian. Kedua terkait proyek lanjutan pembangunan gedung kantor baru SETDA tahun anggaran 2021.

“Benar, hari ini kami menyampaikan laporan dugaan korupsi di Kota Cilegon kepada Kejaksaan Agung RI,” tutur Jajang Nurjaman, Koordinator CBA, pada klikanggaran.com di Jakarta.

Baca Juga: Waspada, Pohon-Pohon Anker yang Menjadi Kesukaan Memedi alias Makhluk Halus

Saat ditanya terkait dugaan tindak pidana korupsi yang dilaporkan itu, Jajang menjelaskan, ada dugaan praktik suap terkait perizinan sejumlah proyek di Kota Cilegon. Contoh kasus yang disjaikan Jajang adalah terkait perizinan pasar Keranggot di Cilegon.

Laporan ini menurut Jajang berdasarkan pengakuan tersangka Uteng Dedi Afendi, mantan Kadishub Cilegon. Ada sejumlah uang suap yang diterima dari sejumlah perusahaan diduga mengalir ke Wali Kota Cilegon.

Sedangkan kasus lain adalah terkait proyek Lanjutan Pembangunan Gedung Kantor Baru SETDA tahun anggaran 2021. Dalam pelaksanaan proyek ini, diduga dibumbui permainan.

Menurut pengakuan Jajang, CV GH 2 sebagai pemenang proyek dengan tawaran Rp4,6 miliar berada di posisi ke-7 atau paling mahal dalam proses pengajuan harga. Jika dibandingkan penawar terendah ada selisih Rp 435 juta.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X