• Senin, 8 Agustus 2022

Harga PCR Turun, Mungkin nggak, Dihilangkan dari Syarat Penerbangan?

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 16:48 WIB
Harga tes PCR terbaru (Dok.RS.UripSumoharjo/NN)
Harga tes PCR terbaru (Dok.RS.UripSumoharjo/NN)

KLIKANGGARAN – Seperti diketahui, Pemerintah telah menginstruksikan penurunan harga PCR. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan kembali melakukan evaluasi mengenai batasan tarif tertinggi pemeriksaan Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Prof. dr. Abdul Kadir,Ph.D,Sp.THT-KL(K), MARS, mengatakan, evaluasi harga PCR yang dilakukan ini melalui perhitungan biaya pengambilan dan pemeriksaan RT-PCR.

Perhitungan biaya pengambilan tes  PCR tersebut antara lain terdiri dari komponen-komponen jasa pelayanan/SDM, komponen reagen dan bahan habis pakai (BHP), komponen biaya administrasi, Overhead, dan komponen biaya lainnya yang kita sesuaikan dengan kondisi saat ini.

Baca Juga: Bupati Belum Susun Juknis, Pemkab Bekasi Berpotensi Kehilangan Penerimaan Pajak Reklame

Penurunan harga PCR yang sekarang adalah instruksi kedua dari pemerintah selama pandemi. Penurunan pertama pada pertengahan Agustus 2021.

Saat itu harga PCR Jawa dan Bali 495 ribu, sementara luar Jawa dan Bali 525 ribu. Sedangkan harga yang sekarang ditetapkan pemerintah adalah 275 ribu untuk Jawa dan Bali, 300 ribu untuk luar Jawa dan Bali.

Seorang tenaga kesehatan di Rumah Sakit Urip Sumoharjo, Lampung, sebut saja Nani, mengatakan, animo masyarakat terkait penurunan harga PCR ini tentu saja sangat senang. Karena tes PCR merupakan syarat bepergian dengan pesawat terbang.

Baca Juga: Wisata Kuliner Murah di Jogja, Angkringan Kopi Jos Lek Man Hilang?

“Ketika harga masih tinggi, nilainya beberapa kali lipat lebih mahal dari harga tiket pesawat sendiri,” tutur Nani pada klikanggaran.com di Jakarta, Kamis, 28 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tanggapan SAHI atas Tambahan Kuota Haji 2022

Kamis, 23 Juni 2022 | 11:55 WIB
X