• Jumat, 22 Oktober 2021

Staf Khusus Menteri BUMN 'Ngatain' Pernyataan Faisal Basri Konyol, Responsnya Kok Gitu Amat Ya?

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 20:56 WIB
Ilustrasi: rel kereta api (Pixabay/Free-Photos )
Ilustrasi: rel kereta api (Pixabay/Free-Photos )

KLIKANGGARAN -- Pernyataan Faisal Basri terkait proyek kereta cepat Jakarta-Bandung direspons dengan keras oleh Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, bahkan Arya menyebut pernyataan Faisal Basri itu konyol.

Staf Khusus Menteri BUMN menuduh Faisal Basri mengeluarkan pernyataan tanpa didasari data yang akurat.

Dalam keterangannya, Kamis (14/10/2021), Staf Khusus Menteri BUMN mengatakan, "Kami menyayangkan omongan Faisal Basri. Faisal Basri tuh salah total yang mengatakan sampai kapan pun enggak mungkin, sampai kapan pun pasti rugi. Ya mana ada investor mau masuk dengan kondisi nanti rugi, itukan konyol."

Baca Juga: Duh, Histori Tingkat Piutang Usaha PT Inhutani II Bermasalah dan Terus Meningkat?

Staf Khusus Menteri BUMN menilai bahwa Faisal Basri tidak pakai angka, tidak pakai analisa, hanya subjektifnya saja yang muncul.

Saat ini, BPKP masih menghitung berapa pembengkakan dana (cost overrun) pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Namun, dalam hitungan kasarnya, investasi di proyek kereta cepat Jakarta-Bandung baru akan balik modal dalam 40 tahun, demikian dijelaskan Arya.

"Tapi secara konservatif, hitungan kita tetap back periode-nya untuk equity-nya itu ini ya 40an tahun. Tapi kita belum tahu ya ini hitungannya hanya kasar masih. Ini kan mirip-mirip dengan MRT," kata dia, dikutip Kompas.com.

Baca Juga: CPI, SKK Migas, KLHK, dan DLHK Riau Sepakat Mencari Solusi Pemulihan Pencemaran Lingkungan Hidup Blok Rokan

Menurut Arya, investasi di sektor transportasi kereta api memerlukan waktu yang panjang untuk balik modal, dan kondisi itu sama dengan investasi pada proyek Mass Rapid Transit (MRT).

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat Kepada Guru Honorer yang Lolos Seleksi PPPK

Jumat, 8 Oktober 2021 | 18:51 WIB
X