• Rabu, 27 Oktober 2021

Bicara Reformasi Argaria, Jokowi Berkomitmen Berantas Mafia Tanah

- Rabu, 22 September 2021 | 20:07 WIB
Ilustrasi: Jokowi (Twitter/@jokowi)
Ilustrasi: Jokowi (Twitter/@jokowi)


Jakarta, Klikanggaran.com - Pemerintah Indonesia terus melakukan upaya menyelesaikan persoalan konflik argaria, dalam melaksanakan hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkomitmen penuh mewujudkan keadilan bagi masyarakat dengan memberantas mafia tanah, pada Rabu, 22 September 2021.

"Pemerintah berkomitmen penuh untuk menyelesaikan konflik agraria yang terjadi di Tanah Air, demi mewujudkan reformasi agraria dan kepastian terhadap ketersediaan ruang hidup yang adil bagi masyarakat. Termasuk, komitmen penuh dalam memberantas mafia-mafia tanah," ujar Jokowi melalui keterangannya pada laman Facebook, seperti dikutip Klikanggaran.com.

Jokowi juga menuturkan setiap tahun dirinya selalu menerima laporan, bahkan laporan itu disampaikan oleh kelompok-kelompok dengan berjalan kaki ke Jakarta dari daerah yang jauh.

Baca Juga: Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Inilah Tiga Tips Menjadi Pengusaha Sukses menurut dr Tirta.

"Setiap tahun saya menerima kelompok-kelompok tani yang rela jauh-jauh datang ke Jakarta, bahkan ada yang berjalan kaki ke Jakarta memperjuangkan lahan-lahan mereka yang terdampak oleh konflik agraria," jelas Jokowi.

Oleh karenanya, ujar Jokowi, dirinya meminta pihak kepolisian agar memperjuangkan hak-hak masyarakat untuk menyelesaikan konflik argaria yang berkeadilan.

"Saya menginstruksikan jajaran Polri untuk memperjuangkan hak masyarakat dan menegakkan hukum secara tegas dalam penyelesaian konflik agraria di Tanah Air. Polri jangan ragu mengusut mafia-mafia tanah yang ada. Dan, jangan sampai juga ada aparat penegak hukum yang jadi beking mafia tanah tersebut," tegasnya.

Baca Juga: Silaturahmi Antartokoh Agama. Ini Cara Memperkokoh Moderasi Beragama

"Kepastian hukum atas tanah perlu untuk memberikan keadilan kepada seluruh pihak. Kita tidak ingin rakyat kecil tidak mempunyai kepastian hukum terhadap lahan yang menjadi sandaran hidup mereka. Kita juga tidak ingin para pengusaha tidak mempunyai kepastian hukum atas lahan usahanya," pungkasnya.*

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Selamat Kepada Guru Honorer yang Lolos Seleksi PPPK

Jumat, 8 Oktober 2021 | 18:51 WIB
X