• Sabtu, 2 Juli 2022

Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Inilah Tiga Tips Menjadi Pengusaha Sukses menurut dr Tirta.

- Rabu, 22 September 2021 | 18:12 WIB
dr Tirta Mandira Hudhi ,pengusaha muda  (Dokumentasi pribadi dr. Tirta)
dr Tirta Mandira Hudhi ,pengusaha muda (Dokumentasi pribadi dr. Tirta)

Purwokerto,Klikanggaran Com --Menjadi pengusaha yang sukses, bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki kemauan kuat.

Pengusaha muda, dr Tirta Mandira Hudhi memberikan tiga tips untuk menjadi pengusaha yang berhasil yaitu manajemen keuangan, manajemen perorangan, dan manajemen marketing.

Menurut Tirta, jika punya UMKM, atau ingin melangkah lebih besar, pertama harus memanajemen kuangan secara lebih baik. Manajemen keuangan ini kompleks, jadi harus mengetahui berapa operasional yang terjadi.

Baca Juga: Menteri Kesehatan Brasil Dinyatakan Positif Covid-19 Tak Lama setelah Bolsonaro Berbicara di Majelis Umum PBB

" Yang kedua saat membangun usaha yang paling penting adalah manajemen perorangan atau HRD. Seperti bagaimana mengelola pegawai, bagaimana menggaji, dan harus menerapkan sesuai dengan UU Ketenagakerjaan.Gimana nanti kalau kita mau memberikan SP1, SP2, dan SP3. Bagaimana kalau punya tim yang tiba-tiba resign, nah ini penting,” jelasnya.

Kemudian yang ketiga, dr Tirta menjelaskan, pentingnya manajemen marketing. Apalagi saat pandemi seperti sekarang, harus bisa melakukan inovasi marketing secepatnya.

Seperti contoh apa yang harus dilakukan dalam satu dua bulan, bahkan 12 bulan harus paham. Dari situ lah, tiga hal ini harus dipelajari secara otodidak diluar mata kuliah.

Baca Juga: Waspadai Varian Baru, Dalam Sepekan, 12.000 Dosis Sinovac Disalurkan di Sentra Vaksinasi Vaberaya Unsoed

" Jika dari UMKM bisa mengelola tiga hal tersebut, maka usaha itu akan menjadi usaha yang lebih besar lagi dan bisa menjadi PT," tambah dr Tirta.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Remaja Mushola, PD Tampil sebagai MC

Jumat, 10 Juni 2022 | 19:38 WIB

Pesantren Kilat: Singkat, tetapi Bermakna

Kamis, 9 Juni 2022 | 15:30 WIB
X