• Selasa, 24 Mei 2022

Apple Memecahkan Rekor Global Baru dengan Nilai Pasar Mencapai 3 Triliun Dolar

- Selasa, 4 Januari 2022 | 09:01 WIB
Produk Apple (Pixabay/kropekk_pl)
Produk Apple (Pixabay/kropekk_pl)

KLIKANGGARAN--Tahun baru dimulai dengan rekor baru bagi Apple, yang menjadi perusahaan pertama yang mencapai nilai pasar $3 triliun karena investor menuangkan uang baru ke dalam saham pada hari pertama perdagangan reguler.

Mengutip RT.com, saham Apple diperdagangkan setinggi $182,88 pada hari Senin, naik 3% dari penutupan Jumat di New York, mendorong kapitalisasi pasar perusahaan menjadi lebih dari $3 triliun. Saham merosot ke harga penutupan $ 182,01, meninggalkan nilai Apple yang berbasis di California pada $ 2,986 triliun, tepat di bawah tonggak intraday.

Setelah 44 tahun membangun perusahaan dengan nilai pasar $2 triliun, Apple mencapai angka $3 triliun kurang dari 17 bulan kemudian. Faktanya, kapitalisasi pasarnya telah meningkat tiga kali lipat sejak Agustus 2018.

Baca Juga: Habib Bahar bin Smith Jadi Tersangka, Kini Ditahan

Apple telah berbagi klub senilai $ 2 triliun dengan raksasa perangkat lunak AS Microsoft dan perusahaan minyak yang dikendalikan negara Arab Saudi, Saudi Aramco. Dua perusahaan teknologi AS lainnya berada di belakang. Perusahaan induk Google, Alphabet, mendekati $ 2 triliun, sementara Amazon dihargai oleh investor lebih dari $ 1,7 triliun.

Tesla, pembuat EV yang dipimpin oleh Elon Musk, memimpin reli pasar pada hari Senin, dengan sahamnya naik hampir 14%. Lonjakan itu menambahkan sekitar $140 miliar ke nilai pasar Tesla, mendorongnya lebih dari $1,2 triliun kurang dari tiga bulan setelah perusahaan bergabung dengan klub $1 triliun.

Apple dibantu oleh permintaan yang kuat untuk iPhone 13, dengan penjualan diperkirakan lebih dari 40 juta unit selama musim belanja liburan, kata analis Wedbush Securities Daniel Ives. Dan sementara investor optimis pada kemampuan perusahaan untuk meluncurkan perangkat keras populer, dia mengatakan bisnis layanan Apple bernilai sekitar $ 1,5 triliun.

Baca Juga: Memasuki Cuaca Ekstrim Awal Tahun, Warga Muratara Diminta Waspadai Banjir dan Angin Kencang

“Menjadi perusahaan pertama yang bergabung dengan klub senilai $ 3 triliun adalah momen yang fleksibel bagi [kepala eksekutif Tim] Cook & Co.,” tambah Ives.***

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Impor Energi China dari Rusia Terus Melonjak!

Jumat, 20 Mei 2022 | 21:38 WIB

Bankir JPMorgan Memperingatkan Risiko Ekonomi AS

Selasa, 5 April 2022 | 07:05 WIB
X