• Selasa, 21 September 2021

Pembangunan Infrastruktur Sentuh Nunukan, Kementerian PUPR Bangun TPA Senilai Rp12 Miliar

- Rabu, 15 September 2021 | 10:46 WIB
Pembangunan insfrastruktur sampah di Nunukan (Dok.klikanggaran.com/KementerianPUPR)
Pembangunan insfrastruktur sampah di Nunukan (Dok.klikanggaran.com/KementerianPUPR)

Jakarta, Klikanggaran.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, penanganan masalah sampah dapat dilakukan melalui dua aspek. Pertama struktural dengan pembangunan infrastruktur persampahan. Kedua non struktural seperti mendorong perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat.

Menurut Menteri PUPR, pembangunan infrastruktur pengolahan sampah skala kota dinilai efektif untuk volume sampah yang tidak terlalu besar, sehingga pengurangan sampah dapat dilakukan mulai dari sumbernya.

Dukungan pemerintah kabupaten atau kota juga diperlukan terkait pembangunan infrastruktur persampahan. Paling utama dalam penyediaan lahan.

Baca Juga: Merugikan Nggak Ya, 6 Masalah Turbine Driver BFW di Pertamina RU V Balikpapan Ini?

Kementerian PUPR dalam mendukung pembangunan infrastruktur tidak hanya dilakukan pada kawasan yang telah berkembang, tetapi juga wilayah perbatasan. Selain itu juga pulau-pulau kecil dan terdepan, guna mendorong peningkatan perekonomian masyarakat dan pemerataan pembangunan untuk mengurangi disparitas, khususnya di wilayah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal).

“Pada tahun 2021, Kementerian PUPR telah memulai pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Tanjung Harapan. Pembangunan ini bertujuan untuk meningkatkan layanan sanitasi masyarakat Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara,” tutur Menteri PUPR dalam keterangannya melalui Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Selasa (14/09/2021).

Dijelaskan oleh Menteri PUPR, Nunukan merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia bagian timur atau Sabah. Pembangunan TPA ini merupakan bagian dari sistem sanitasi tata kota Kabupaten Nunukan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan produksi sampah rumah tangga dari masyarakat.

Baca Juga: Tengah Dikerjakan, Pembangunan Bendungan Sadawarna Diharapkan Tingkatkan Intensitas Tanam Petani

Dukungan pembangunan TPA Sampah Tanjung Harapan berupa peningkatan/pengembangan TPA sebelumnya yang telah dibangun pada 2012. Pekerjaan fisik mulai dilaksanakan sejak 26 Januari 2021 dengan progres hingga 23 Agustus mencapai 65,22%. Konstruksi TPA ini ditargetkan selesai pada November 2021 untuk melayani sebanyak 77.885 jiwa atau setara 15.577 KK masyarakat di Pulau Nunukan.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X