• Senin, 23 Mei 2022

Jokowi Targetkan 17 Bendungan Selesai di Akhir Tahun, Ini 8 yang Sudah Diresmikan

- Sabtu, 11 September 2021 | 06:00 WIB
Jokowi resmikan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Dok.HumasSetkab/Jay)
Jokowi resmikan Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Dok.HumasSetkab/Jay)

Jakarta, Klikanggaran.com – Pemerintah menargetkan untuk menyelesaikan pembangunan 17 bendungan di tahun 2021. Demikian dilaporkan Humas Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, usai Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Kamis (09/09/2021) siang.

Dalam sambutannya Jokowi menyampaikan, Pemerintah tengah giat membangun infrastruktur bendungan di berbagai daerah di tanah air. Pembangunan tersebut bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan nasional.

Bendungan Paselloreng adalah bendungan ke-8 yang telah diselesaikan pemerintah dan diresmikan oleh Jokowi pada tahun 2021, menyisakan 9 sendungan lainnya. Bendungan ini memiliki kapasitas tampung yang sangat besar, yaitu 138 juta meter kubik dan mampu mengairi sawah seluas 8.500 hektare.

Baca Juga: Menpora: DBON Adalah Jawaban Atas Arahan Presiden Jokowi untuk Pembinaan Prestasi Olahraga

“Tahun ini akan dan sudah diselesaikan sampai Desember nanti 17 bendungan. Kita harapkan dengan bendungan-bendungan yang ada ini, sekali lagi, ketahanan pangan akan bisa kita perkuat dan kita tingkatkan,” tutur Jokowi.

Bendungan ke 1, diresmikan Jokowi pada 14 Februari 2021 adalah Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Jatim). Infrastruktur bendungan pertama yang diresmikan ini memiliki kapasitas mencapai 8,68 juta meter kubik dan dapat mengairi irigasi lahan pertanian seluas 600 hektare.

Bendungan ke 2 diresmikan pada 18 Februari 2021 yaitu Bendungan Tapin yang terletak di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Infrastruktur ini memiliki kapasitas 56,77 juta meter kubik serta mampu menyediakan irigasi untuk 5.472 hektare lahan.

Baca Juga: Tindak Lanjuti Pernyataan Jokowi Soal Varian Baru MU, Ini Langkah-Langkah Kemenhub

Bendungan ke 3, diresmikan pada 23 Februari 2021 yaitu Bendungan Napun Gete, di Nusa Tenggara Timur (NTT). Bendungan yang terletak di Kabupaten Sikka ini mempunyai kapasitas tampung 11,22 juta meter kubik dan mampu menyuplai irigasi untuk 300 hektare sawah di sekitar.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X