• Jumat, 1 Juli 2022

Astronom Inggris Temukan Planet Misterius di Sistem Tata Surya

- Kamis, 18 November 2021 | 20:50 WIB
Ilustrasi: sistem tata surya (Pixabay/WikiImages )
Ilustrasi: sistem tata surya (Pixabay/WikiImages )


KLIKANGGARAN--Sebuah objek yang bersembunyi di wilayah luar tata surya kita mungkin adalah Planet 9 yang sulit dipahami, seorang astronom Inggris terkemuka telah menyebutkannya setelah menggali melalui arsip teleskop dari 250.000 sumber titik.

Kemungkinan bukti sebuah planet misterius hingga 10 kali lebih besar dari Bumi, dengan orbit yang jauh mengelilingi Matahari, telah diungkapkan oleh profesor astrofisika di Imperial College of London, Michael Rowan-Robinson.

Bertujuan untuk membuktikan - atau mengesampingkan - keberadaan planet besar lain di luar Neptunus, ilmuwan Inggris itu memutuskan untuk melakukan analisis baru terhadap data yang dikumpulkan oleh Satelit Astronomi Inframerah (IRAS) pada tahun 1983, demikian lansir RT dalam artikel berjudul "New mysterious planet possibly spotted in solar system".

Baca Juga: LPPHI Tolak Keinginan para Tergugat Perkara Limbah B3 TTM Blok Rokan, Ini Alasannya

Astronom telah melihat sekitar 250.000 sumber titik yang terdeteksi oleh teleskop, yang mengambil survei inframerah-jauh dari 96% langit. Setelah menganalisis data, mengingat ukuran dan jarak planet hipotetis, "pada batas survei," ia memilih objek bergerak yang dipilih satelit pada tiga kesempatan.

Kandidat Planet 9 akan memiliki massa hingga lima kali massa Bumi, menurut data IRAS. Jarak orbitnya kira-kira 225 kali lebih jauh dari jarak planet kita, setara dengan sekitar 33,7 miliar kilometer (20,9 miliar mil) dari Matahari.

Jika objek misterius itu memang berputar mengelilingi Matahari pada jarak seperti itu, itu akan menjadi sangat dingin dan tidak banyak sinar matahari yang akan dipantulkan olehnya, membuatnya semakin sulit dipahami dan sulit ditemukan.

Baca Juga: Cerita Mistis, Jangan Baca Jika Anda Sendirian, Dijahili Arwah!

Sementara studi terbaru bukanlah deteksi yang jelas, itu bisa berharga sebagai panduan di mana tepatnya untuk mencari planet baru, astronom menyimpulkan.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Misteri di Sisi Gelap Bulan Terpecahkan

Senin, 10 Januari 2022 | 06:10 WIB

Semua Bitcoin Akan Selesai Ditambang pada 2140

Senin, 13 Desember 2021 | 21:50 WIB
X