• Senin, 5 Desember 2022

Inilah Keseruan Lomba Tradisi Bekarang Basamo di Batang Hari 

- Rabu, 23 November 2022 | 20:55 WIB
Inilah Keseruan Lomba Tradisi Bekarang Basamo di Batang Hari  (Dok. Annuza)
Inilah Keseruan Lomba Tradisi Bekarang Basamo di Batang Hari  (Dok. Annuza)

KLIKANGGARAN -- Bupati Batang Hari Muhammad Fadhil Arief (MFA), Rabu (23/11/2022) membuka sekaligus menyaksikan keseruan lomba bekarang basamo di kolam Bebean Muara Bulian.

Selain Bupati turut hadir, para Kepala OPD Kabupaten Batang Hari, Camat Muara Bulian, Lurah Muara Bulian, Lurah Rengas Condong serta para tamu undangan lainnya.

Lomba bekarang besamo ini salah satu rangkaian kegiatan hari ulang tahun ke-74 Kabupaten Batang Hari, masih banyak lagi kegiatan dalam rangka memperingati HUT ini sampai 25 Desember 2022.

Baca Juga: Pastikan Program Berjalan Baik, Wakil Bupati dan Tim USAID Kunjungi Desa Pincara Masamba

MFA pada kesempatan itu mengajak pada semua pihak agar dapat meramaikan dan mengsukseskan kegiatan-kegiatan dalam rangka HUT ke-74 Kabupaten Batang Hari dengan berbagai macam perlombaan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Batang Hari.

Inilah Keseruan Lomba Tradisi Bekarang Basamo di Batang Hari  (Dok. Annuza)

"Kita sudah menyaksikan lomba bekarang ini adalah tradisi kita di dusun tetap kita lestarikan dan kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat dan elemen terkait untuk mensukseskan semua event-event dalam rangka HUT ke-74 Kabupaten Batang Hari ini," ujarnya.

Sebagaimana diketahui di masa lalu, masyarakat menangkap ikan hanya dengan menggunakan peralatan-peralatan sederhana. Seperti halnya yang berlaku di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, dikenal dengan nama 'Bekarang Basamo'. Menangkap ikan dalam tradisi ini hanya berbekal dua wadah dari bambu yang dianyam dengan rotan. Wadah tersebut berlubang-lubang.

Baca Juga: Secara Aklamasi, Ade Zezen Zainal Mutaqin Terpilih sebagai Presiden HOTS Periode 2022-2025

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X