• Senin, 28 November 2022

KPU Kabupaten Batang Hari Gandeng Insan Pers Guna Mensosialisasikan Tahapan Pemilu Tahun 2024

- Selasa, 15 November 2022 | 05:02 WIB
KPU Kabupaten Batang Hari Gandeng Insan Pers Guna Mensosialisasikan Tahapan Pemilu Tahun 2024 (Klikanggaran/Anuza)
KPU Kabupaten Batang Hari Gandeng Insan Pers Guna Mensosialisasikan Tahapan Pemilu Tahun 2024 (Klikanggaran/Anuza)

KLIKANGGARAN -- Bertempat di Lesehan Wisata Taman Bunga Talang Bukit Desa Rantau Puri, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Senin (14/11/2022), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi menggandeng para insan pers yang bertugas di wilayahnya guna melakukan sosialisasi tahapan Pemilu tahun 2024 ke masyarakat. 

Ketua KPU Kabupaten Batang Hari A. Kadir, S.IP, didampingi oleh Mustra, S. Ag Devisa Hukum dan Pengawasan, mengatakan media atau pers memiliki peran yang sangat penting terhadap penyelenggaraan pemilu, demkian juga di Pemilu tahun 2024.

"Pemilu tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya kerja sama dengan insan pers dan media massa. Karenanya, keberadaan media ini kami rangkul untuk menyebarluaskan informasi tentang pemilu yang baik dan benar, serta menekan berita hoaks," ujar Kadir

Menurut dia, kegiatan yang digelarnya tersebut merupakan bentuk sinergitas antara KPU dengan media massa dalam rangka penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Kabupan Batang Hari 

Selain menyebarluaskan informasi tentang pemilu dan politik, keberadaan media massa juga sebagai alat filter untuk menyaring berita-berita hoaks yang dapat memicu terjadinya konflik politik di masyarakat.

Ketua KPU, Kadir menambahkan, saat ini KPU Kabupaten Batang Hari sudah melaksanakan tahapan verifikasi calon peserta Pemilu 2024. Baik verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual.

"Hasil verifikasi tersebut akan kami tetapkan pada bulan Desember. Sedangkan Pemilu akan digelar pada hari Rabu, tanggal 14 Februari 2024," ujar Kadir.

Dikatakannya, pada Pemilu Serentak tahun 2024 nanti, KPU Batang Hari mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar dalam meningkatkan partisipasi pemilih, setidaknya sama dengan capaian pada Pemilu Serentak tahun 2019 yang lalu diangka 86 persen. Kita tahu dalam mengajak masyarakat ke TPS ini perlu dukungan dari berbagai pihak salah satunya dari rekan-rekan pers.

"Untuk saat ini menurut survei masyarakat kita belum sampai 90 persen, 85 persen yang tahu pelaksanaan Pemilu, oleh karena itu kita terus melakukan sosialisasi terhadap berbagai elemen masyarakat dalam tahapan Pemilu, setiap tahapan tersebut butuh peran media massa," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X