• Jumat, 30 September 2022

Rayakan Kemerdekaan, UI Jalin Kolaborasi Pengembangan Industri Halal dengan KNEKS

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 21:06 WIB
Universitas Indonesia (UI) melalui UI Halal Center memperluas kontribusinya dengan menjalin kerja sama dengan Manajemen Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (ME KNEKS) (Klikanggaran/istimewa)
Universitas Indonesia (UI) melalui UI Halal Center memperluas kontribusinya dengan menjalin kerja sama dengan Manajemen Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (ME KNEKS) (Klikanggaran/istimewa)

KLIKANGGARAN -- Dengan semangat kemerdekaan, Universitas Indonesia (UI) melalui UI Halal Center memperluas kontribusinya dengan menjalin kerja sama dengan Manajemen Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (ME KNEKS).

Kerja sama UI dan ME KNEKS itu dalam bidang pengembangan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, serta peningkatan sumber daya manusia bidang pengembangan industri halal.

Perjanjian kerja sama ini ditandatangani langsung oleh Kepala UI Halal Center, Dr. Muhammad Luthfi Zuhdi, M.A., dan Direktur Industri Produk Halal ME KNEKS, Afdhal Aliasar, MBA, MIFP., di Ruang Rapat IWK, Gedung Science Park, Kampus UI Depok, pada Kamis (18/08).

Dalam sambutan pembukaannya, Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-Unit Usaha (DPPU) UI, T.M. Zakir Sjakur Machmud, Ph.D., menyapaikan, kerja sama ini diharapkan dapat ditindaklanjuti lagi lebih jauh sehingga dapat menciptakan hasil yang lebih konkret, baik dalam bentuk pelatihan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.

Baca Juga: Pemda Luwu Utara Serahkan KUA-PPAS APBD 2023 ke DPRD

Pada kesempatan yang sama, Kepala UI Halal Center, Luthfi mengatakan, “UI Halal Center akan terus melakukan inovasi dalam pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat bidang Industri Halal demi terwujudnya ekosistem industri halal yang kuat di Indonesia.

UI Halal Center memiliki 4 layanan yaitu Halal Training, Halal Testing, Halal Research dan Pendampingan Halal. Kami sudah kolaborasi riset dengan berbagai negara, membangun laboratorium, melakukan pelatihan dan mendampingi UMKM dengan skema Self-Declare.”

Kerja sama ini meliputi berbagai kegiatan, diantaranya pengembangan ekosistem industri halal; penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; penyelenggaraan kolaborasi riset, kegiatan ilmiah, kajian ilmiah, seminar dan lokakarya; pelatihan halal (halal training), literasi halal dan fasilitasi sertifikasi halal; peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia; pelaksanaan program pendidikan kampus merdeka; dan perumusan regulasi, kebijakan dan rekomendasi.

Baca Juga: Siapa Firdaus Oiwobo Pengacara Asosiasi Dukun Indonesia yang Melaporkan Pesulap Merah ke Polisi? Ini Profilnya

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X