• Jumat, 30 September 2022

Bimtek Tahap II Penyusunan Master Plan 'Luwu Utara BISA Smart City' Berakhir

- Rabu, 20 Juli 2022 | 07:06 WIB
Foto Bersama Usai Pelaksanaan Bimtek Tahap II Penyusunan Master Plan "BISA Smart City", Selasa (19/7/2022)" (Dok. LHR)
Foto Bersama Usai Pelaksanaan Bimtek Tahap II Penyusunan Master Plan "BISA Smart City", Selasa (19/7/2022)" (Dok. LHR)

KLIKANGGARAN -- Bimbingan Teknis (Bimtek) tahap kedua penyusunan master plan “BISA Smart City” akhirnya berakhir, Selasa (19/7/2022). Bimtek yang digelar dua hari di Aula Hotel Bukit Indah Masamba ini menghasilkan beberapa quick win atau program unggulan yang nantinya bakal disampaikan pada bimtek tahap ketiga, 22 – 23 Agustus 2022 mendatang.

Ketua Tim Ahli Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Rudi Hartanto, mengatakan bahwa quick win yang dirumuskan oleh masing-masing dimensi smart city akan menjadi momentum awal untuk mewujudkan smart city atau kota cerdas di Kabupaten Luwu Utara secara sustainable atau berkelanjutan dan konsisten.

“Quick win dalam penerapan dan pengembangan kota cerdas dapat dimaknai sebagai inovasi yang mudah diimplementasikan,” kata Rudi. Untuk itu, dia berharap quick win yang telah dirumuskan bersama, bahkan telah dipresentasikan di hadapan Tim Ahli, dapat menumbuhkan kepercayaan diri dalam rangka mengakselerasi penerapan smart city di Luwu Utara.

Baca Juga: Ramai Tagar Tangkap Ferdy Sambo Trending di Twitter, Duh!

Dalam pemaparan dan presentasi quick win smart city, penanggung jawab masing-masing dimensi smart city memaparkan satu inovasi yang menjadi program unggulan yang dapat dilaksanakan satu tahun ke depan. Apa saja quick win masing-masing dimensi smart city akan disampaikan pada bimtek ketiga yang akan digelar pada Agustus mendatang.

Sementara itu, Kadis Kominfo, Arief R. Palallo, menyebutkan banyak PR tentang quick win BISA Smart City yang mesti dilengkapi dan disempurnakan. Meski juga sudah ada beberapa yang dianggap dapat dijadikan sebagai quick win. “Ada beberapa PR yang mesti kita selesaikan. Untuk itu, kami harap teman-teman segera menyelesaikannya,” kata Arief.

“Kita juga berharap Tim Ahli dapat segera menyampaikan beberapa quick win atau program unggulan yang cepat dan mudah dilaksanakan yang bisa mewakili masing-masing dimensi saat pelaksanaan bimtek tahap ketiga pada akhir Agustus mendatang,” harap Arief. Untuk diketahui, ada 4 tahapan bimtek yang mesti dilalui sebelum master plan selesai disusun.

Baca Juga: Benarkah Habib Rizieq Shihab Bebas Bersyarat? Simak Faktanya Berikut!

Bimtek tahap I terkait dengan kesiapan daerah dalam mengimplementasikan smart city. Bimtek tahap II terkait bagaimana menguji gap analisisnya dengan menggunakan analisis SWOT. Bimtek tahap III bagaimana mematangkan apa yang menjadi kesepakatan. Bimtek tahap IV adalah finalisasi, di mana pada tahap ini akan ada komitmen bersama antara Pemda dan Kemkominfo sebagai pelaksana kegiatan penyusunan master plan Smart City. (LH)

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X