• Jumat, 2 Desember 2022

Perkaya Kuliner Khas Rongkong, DP3AP2KB dan Dinas Pertanian Berdayakan Kelompok Perempuan

- Sabtu, 16 April 2022 | 09:20 WIB
Perkaya Kuliner Khas Rongkong, DP3AP2KB dan Dinas Pertanian Berdayakan Kelompok Perempuan (Dok. LHR)
Perkaya Kuliner Khas Rongkong, DP3AP2KB dan Dinas Pertanian Berdayakan Kelompok Perempuan (Dok. LHR)

KLIKANGGARAN -- Dalam rangka memperkaya kuliner dengan berbagai olahan pangan lokal di Kecamatan Rongkong, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) serta Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Utara berkolaborasi melakukan pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT) di kecamatan yang terletak di wilayah pegunungan tersebut.

Kelompok perempuan yang dibina adalah KWT Puncak Lestari Dusun Kawalean Desa Rinding Allo Kecamatan Rongkong yang jumlah pengurus dan anggotanya sebanyak 12 orang. Pemberdayaan dan pembinaan yang dilakukan dalam bentuk pendampingan pengolahan kuliner berbahan dasar pangan lokal, seperti cabe dan ubi kayu.

Di mana pengolahan kuliner dengan berbagai bahan dasar pangan lokal, baik cabe dan ubi kayu, ini diharap akan memperkaya kuliner khas Kecamatan Rongkong. Mengingat Rongkong kini menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Kabupaten Luwu Utara.

Kepala Bidang (Kabid) Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan DP3AP2KB, Fatmah S. Sukma, mengatakan pendampingan KWT di Desa Rinding Allo Kecamatan Rongkong terlaksana berkat sinergi dan kolaborasi dengan Bidang Hortikultura Dinas Pertanian.

Baca Juga: Tagar Boikot Mustika Ratu Trending, Warganet : Pindah ke Wardah Saja!

“Pendampingan KWT ini adalah salah satu upaya pemerintah daerah untuk memperkaya kuliner khas di Kecamatan Rongkong,” kata Fatmah, usai melakukan pendampingan KWT di Dusun Kawalean Desa Rinding Allo, Rongkong, Kamis 14 April 2022 kemarin.

Perkaya Kuliner Khas Rongkong, DP3AP2KB dan Dinas Pertanian Berdayakan Kelompok Perempuan (Dok. LHR)

Adapun kegiatan yang dilakukan terhadap KWT di Desa Rinding Allo adalah mengajak KWT melakukan pengolahan kuliner berbahan dasar cabe. Mengingat cabe merupakan tanaman yang mudah tumbuh di daerah ketinggian atau pegunungan, seperti Rongkong.

“Kita mendampingi kelompok perempuan KWT untuk olahan cabe agar mereka nantinya mampu memproduksi berbagai kuliner berbahan dasar cabe,” terang Fatmah. Pihaknya menyarankan agar KWT di Rongkong terus melakukan penanaman dan budidaya cabe.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X