• Senin, 8 Agustus 2022

Kerjasama Tim Nusantara Sehat dan Dinkes Luwu Utara Lahirkan Inovasi ‘’Pesta Asyik Posyandu’’

- Jumat, 8 April 2022 | 15:04 WIB
"Program Nusantara Sehat Kemenkes, "Asyik Pesta Posyandu" di Kecamatan Rampi"  (Dok. LHR)
"Program Nusantara Sehat Kemenkes, "Asyik Pesta Posyandu" di Kecamatan Rampi" (Dok. LHR)

 

Luwu Utara --- Tim Program Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Utara menggelar kegiatan yang diberi nama “Asyik Pesta Posyandu” baru-baru ini di UPT Puskesmas Kecamatan Rampi.

Kegiatan ini diinisiasi Tim Nusantara Sehat dengan melibatkan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Luwu Utara dan UPT Puskesmas, Rampi. Asyik Pesta Posyandu adalah terobosan baru yang menitikberatkan pada kegiatan advokasi lintas sektor dalam rangka peningkatan strata posyandu di wilayah terpenci.

Kepala Dinas Kesehatan Luwu Utara, Marhani Katma, mengatakan, Tim Nusantara Sehat yang melakukan kegiatan “Asyik Pesta Posyandu” di UPT Puskesmas Rampi adalah sebuah tim yang beranggotakan tenaga profesional kesehatan dengan berbagai latar belakang medis, seperti dokter, perawat, bidan da tenaga kesehatan lainnya.

“Saat ini di Rampi ada Tim Nusantara Sehat yang bertugas selama dua tahun di Luwu Utara. Mereka bikin sebuah terobosan terkait kegiatan Posyandu yang diberi nama Asyik Pesta Posyandu,” kata Kadis Kesehatan, Marhani, Kamis (7/4/2022), di Masamba.

Baca Juga: Reformasi Birokrasi Berjalan Baik, Luwu Utara Terima Penghargaan SAKIP dan RB Award 2021

Program ini, kata dia, dilakukan oleh tenaga profesional kesehatan Nusantara Sehat yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Luwu Utara dan UPT Puskesmas Rampi. “Untuk saat ini, lokusnya baru di Kecamatan Rampi karena memang tim ini ditugaskan di Rampi selama dua tahun,” terangnya.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan program ini akan direplikasi di wilayah lain yang masuk kategori wilayah terpencil, karena Program Nusantara Sehat ini fokus di wilayah terpencil. “Sasaran kegiatan ini adalah posyandu dengan harapan kita bisa melakukan yang namanya promotif dan preventif, tidak hanya kuratif saja,” jalasnya.

Ia berharap, kegiatan “Asyik Pesta Posyandu” program Nusantara Sehat ini dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat, sehingga tidak menutup kemungkinan kegiatan ini akan dikembangkan di semua posyandu yang ada di Luwu Utara.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X