• Sabtu, 13 Agustus 2022

Diduga Diberhentikan Secara Sepihak, Perangkat Desa Bingin Jungut Laporkan Kades ke Polres Musi Rawas

- Rabu, 22 Desember 2021 | 13:19 WIB
Perangkat Desa Bingin Jungut Laporkan Kades ke Polres Musi Rawas (Klikanggaran/IyanL)
Perangkat Desa Bingin Jungut Laporkan Kades ke Polres Musi Rawas (Klikanggaran/IyanL)

KLIKANGGARAN -- Perangkat Desa Bingin Jungut didampingi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bingin Jungut, melaporkan Kepala Desa (Kades) Bingin Jungut, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas, ke Unit Pidana Korupsi (Pidkor) Polres Musi Rawas atas adanya dugaan pemberhentian Perangkat Desa secara sepihak.

Kepala Dusun II Desa Bingin Jungut (Perangkat Desa), Azmi Manuro, didampingi Perangkat Desa lainnya, mengatakan bahwasanya pihaknya melaporkan permasalahan Perangkat Desa tentang pemberhentian dan pengangkatan Perangkat Desa Bingin Jungut oleh Kades Bingin Jungut ke Polres Musi Rawas.

"Kami diberhentikan sepihak oleh Kades Definitif yang dilantik pada 30 Juni 2021, sedangkan tanggal 2 Juli 2021 Kami langsung diberhentikan, padahal SK pengangkatan Kami masih berlaku sampai 31 Desember 2021," ujar Azmi Manuro saat dikonfirmasi di Polres Musi Rawas, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Rabu (22/12).

Baca Juga: OPM Memang Gila! Klaim Prada Yotam Bugiangge Bergabung, tapi Belum Pasti

Dia menambahkan, Kades Bingin Jungut melakukan pengangkatan kembali Perangkat Desa baru yang diduga melabrak peraturan.

"Padahal itu tidak sesuai dengan Perda (Peraturan Daerah) Kabupaten Musi Rawas Nomor 11 tahun 2016, dan Perbup (Peraturan Bupati) Musi Rawas Nomor 80 tahun 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan Perangkat Desa," jelasnya.

Oleh karenanya, kata Azmi, pihaknya mengharapkan agar laporan tersebut segera ditindaklanjuti dan semua hak Perangkat Desa terpenuhi.

"Semoga laporan kami ditindaklanjuti. Kami sebagai Perangkat Desa akan memperjuangkan hak Kami tentang penghasilan tetap dan tunjangan Perangkat Desa agar tidak beralih pada yang tidak berhak menerimanya," tandasnya.

Baca Juga: Hari Ibu, Mensos Ajak Perempuan Indonesia Melakukan Kerja yang Bermanfaat, Perempuan berjaya, Indonesia maju

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X