• Selasa, 25 Januari 2022

Banyak BUMDes Mangkrak, Kades Se-Musi Rawas Bimtek Ke Bandung

- Senin, 18 Oktober 2021 | 20:27 WIB
Kades Se-Musi Rawas Bimtek Ke Bandung (Dok. Ist)
Kades Se-Musi Rawas Bimtek Ke Bandung (Dok. Ist)

KLIKANGGARAN – Ratusan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Musi Rawas berangkat ke Kota Bandung, Jawa Barat, dalam rangka Bimbingan Teknis (Bimtek). Keberangkatan tersebut disebabkan banyaknya Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di Musi Rawas yang mangkrak.

Pernyataan banyaknya BUMDES mangkrak tersebut dikemukakan langsung oleh Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Musi Rawas, Dody Manao.

"Dikarenakan saat ini banyak Kades baru dilantik dan banyak BUMDES selama ini mangkrak, nah dengan adanya pelatihan ini bisa memberikan ilmu dan wawasan Kades di dalam pengelolaan keuangan desa serta mengembangkan BUMDES yang ada di Musi Rawas," ujar Dody, saat di konfirmasi Wartawan.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Membaik, Tidak Ada Daerah di Level 4 , PPKM Luar Jawa-Bali Dilanjutkan Selama Tiga Minggu

Mengenai anggaran yang digunakan, Dody menjelaskan, keberangkatan para Kades ke Bandung dalam rangka Bimtek untuk menangani BUMDES yang mangkrak, menggunakan anggaran yang bersumber dari APBDes.

Sementara terkait adanya informasi pungutan sebesar 11 juta per Kades yang di kumpulkan untuk biaya Event Organizer (EO), Dody membantah hal tersebut.

"Bukan dipungut, tapi sudah dianggarkan di APBDes dan harus mengikuti serta dibelanjakan melalui Bimtek. Data dan teknis nya coba tanya ke Dinas PMD.” Jelas Dody.

Baca Juga: Menpora dan LADI Minta Maaf pada Seluruh Rakyat Indonesia karena Merah Putih tidak Berkibar di Piala Thomas.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Musi Rawas, Ahmadi Zulkarnain, membenarkan adanya pemberangkatan Kades ke Kota Bandung dalam rangka Bimtek.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nitizen Mencari Akun Istri Ganjar Pranowo, Kenapa ya?

Minggu, 23 Januari 2022 | 07:50 WIB

Gempa Bumi Sulut dengan Magnitudo sebesar 6.1

Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:46 WIB
X