• Kamis, 26 Mei 2022

Terkait Tuntutan FSPPB, eSPeKaPe Meminta Internal Pertamina Jaga Harmonisasi, Bukan Arogansi

- Senin, 13 Desember 2021 | 14:56 WIB
Sikap eSPeKaPe atas tuntutan FSPPB Nicke dicopot sebagai Dirut Pertamina (Dok.klikanggaran.com/SS)
Sikap eSPeKaPe atas tuntutan FSPPB Nicke dicopot sebagai Dirut Pertamina (Dok.klikanggaran.com/SS)

KLIKANGGARAN - Masih dalam rentetan momen HUT ke-64 Pertamina yang telah diperingati pada 10 Desember 2021 lalu. Diketahui, ada statement berupa surat terbuka.

Statement berupa surat terbuka tersebut berasal dari Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB), Ir. Arie Gumilar. Ditujukan pada seluruh pekerja Pertamina.

Adapun isi surat terkait adanya dugaan pelanggaran atas Perjanjian Kerja Bersama (PKB) VIII sepihak dari Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati. Oleh Presiden FSPPB, dinilai telah melanggar secara sengaja dan terstruktur dengan tidak ada itikad baik soal PKB VIII, sehingga kontraproduktif.

Menyusul kemudian, FSPPB melayangkan surat resmi kepada Menteri BUMN, Erick Thohir. Surat yang ditandatangani oleh Presiden dan Sekjen FSPPB itu perihal menuntut dicopotnya Nicke Widyawati dari jabatan Dirut Pertamina.

Baca Juga: Uu Ruzhanul Ulum Membantah Kenal Herry Wirawan dan Sempat Menghadiri Acaranya

Padahal pada konperensi pers Menteri BUMN, Erick Thohir, pada 12 Juni 2020, tetap mempertahankan Nicke Widyawati di posisi Dirut Pertamina. Alasannya, masih menjadi pilihan terbaik, di mana beberapa tugas yang diberikan bisa berjalan.

Melihat kondisi ini, Solidaritas Pensiunan Karyawan Pertamina (eSPeKaPe) menyayangkan adanya ketidakharmonisan yang terjadi di internal Pertamina. Terutama adanya statement Presiden FSPPB di tengah-tengah Pertamina sedang memperingati hari lahirnya.

eSPeKaPe yang merupakan salah satu pemangku kepentingan karena ikut serta merintis, membangun, dan membesarkan Pertamina, tentu saja merasa prihatin. Menurut Ketua Umum eSPeKaPe, Binsar Effendi Hutabarat, hal ini bisa berdampak pada lemahnya kepercayaan rakyat terhadap Pertamina.

Keprihatinan eSPeKaPe ini disampaikan kepada pers pada hari Minggu, 12 Desember 2021. eSPeKaPe meminta agar internal Pertamina tetap menjaga harmonisasi. Bukan malah mengedepankan arogansi yang berdampak pada melemahnya kepercayaan rakyat terhadap Pertamina.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X