• Rabu, 1 Desember 2021

Pidato Nadiem Makarim di Hari Guru Nasional 2021, Apa yang Disampaikannya ya?

- Kamis, 25 November 2021 | 05:29 WIB
Nadiem Makarim (kemendikbudristek)
Nadiem Makarim (kemendikbudristek)

KLIKANGGARAN--Indonesia memperingati hari Guru Nasional setiap tanggal 25 November. Pada tanggal 24 November, Kemendikbudristek telah meliris pidato Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim yang akan disampaikan dalam upacaranya hari ini pukul 08.00.

Dalam pidato tersebut Nadiem Makarim membahas kesedihan para guru melihat siswa tertekan secara psikologis sehingga menyederhanakan kurikulum pada pembelajaran jarak jauh yang pada akhirnya guru pun terdemotivasi.

Selain itu, Nadiem Makarim menceritakan fenomena yang dia lihat dan rasakan sebelumnya.

Nadiem Makarim mengisahkan, “Ada fenomena yang tidak terkira. Saat saya menginap di rumah guru honorer di Lombok Tengah, saat saya menginap di rumah Guru Penggerak di Yogyakarta, saat saya menginap bersama santri di pesantren di Jawa Timur, saya sama sekali tidak mendengar kata "putus asa".

Baca Juga: 13 Wakil Indonesia di Babak 16 Indonesia Open 2021, Tiga Tempat di Perempat Final sudah di tangan

“Saat sarapan dengan mereka, saya mendengarkan terobosan-terobosan yang mereka inginkan di sekolah mereka. Wajah mereka terlihat semangat membahas platform teknologi yang cocok dan tidak cocok untuk mereka. Dengan penuh percaya diri, mereka memuji dan mengkritik kebijakan dengan hati nurani mereka,” tutur Nadiem.

“Di situlah saya baru menyadari bahwa pandemi ini tidak memadamkan semangat para guru, tapi justru menyalakan obor perubahan. Guru-guru se-lndonesia menginginkan perubahan, dan kami mendengar.”

Nadiem Makarim menegaskan di akhir pidatonya bahwa beliau tidak akan menyerah memperjuangkan merdeka belajar demi kehidupan dan masa depa guru Indonesia yang lebih baik. Beliau pun mengucapkan terima kasih kepada semua guru se-Nusantara atas pengorbanan dan ketangguhannya. Merdeka Belajar ini sekarang milik Anda.

Baca Juga: Dua Tahun Mas Nadiem, Ini Hasil Survei FSGI

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polda Metro Jaya Akan Menggelar Crowd Free Night

Selasa, 30 November 2021 | 13:37 WIB

Reuni 212 Belum Mendapat Izin dari Polri?

Selasa, 30 November 2021 | 10:52 WIB
X