• Kamis, 26 Mei 2022

Pemerintah Akan Bangun Jembatan Tol 1,7 Km Melintas di Sungai Musi

- Kamis, 18 November 2021 | 10:35 WIB
Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung  (Dok.Badan Pengaturan jalan tol Kementerian PU)
Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Dok.Badan Pengaturan jalan tol Kementerian PU)

KLIKANGGARAN-- Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung yang berada di Provinsi Sumatera Selatan tengah dibangun oleh pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam pembangun Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung pemerintah akan membangun Jembatan Sungai Musi sepanjang 1,7 Km yang merupakan jembatan terpanjang di Jalan Tol Sumatera Selatan.

Akses Tol Kayu Agung-Palembang- Betung memiliki bentang panjang 111,69 Km yang dikelola oleh PT Waskita Sriwijaya.

Baca Juga: Cabor Bola Voli dan Balap Sepeda PALI Bidik Medali Emas di Porprov XIII OKU Raya

Jalan Tol Kayu Agung-Palembang- Betung dibangun dalam dua tahap, tahap pertama terbentang dari Kayu Agung hingga SS Kramasan sepanjang 42,5 Km yang sudah dioperasikan pada bulan April 2020 dan Januari 2021.

Selanjutnya tahap kedua akses Tol SS Kramasan - Betung sepanjang 69,19 Km yang masih dalam tahap penyelesaian konstruksi. Tahap kedua SS Kramasan - Betung saat ini masih dalam tahap penyelesaian konstruksi dengan progres sebesar 22% dan akan ditargetkan beroperasi pada tahun 2023.

Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung merupakan salah satu jalur utama (backbone) di Trans Sumatera yang akan dikejar penyelesaiannya oleh pemerintah. Hingga Oktober 2021 total panjang Jalan Tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi, yakni sepanjang 673 Km dari total panjang Trans Sumatera yang rencanannya akan dibangun sepanjang 3.044 Km.

Baca Juga: Gerhana Bulan 19 November 2021, Yuk Salat Gerhana, Niat dan Tata Caranya Begini Lho

“Keberadaan Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung, selain menghemat waktu perjalanan pengguna jalan tol juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi wilayah, tidak hanya untuk pengguna jalan tol melainkan masyarakat sekitar wilayah daerah yang diharapkan dapat merasakan peningkatan ekonomi wilayah dengan kehadiran jalan tol ini,” tulis Kementerian PU melalui Sekretaris Badan Pengaturan Jalan Tol, Triono Junoasmono dilansir dari situs resminya.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X