• Selasa, 24 Mei 2022

Setelah Kecelakaan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah di Jalan Tol, Mungkin Anda Perlu Membaca Ini

- Sabtu, 6 November 2021 | 22:46 WIB
Ilustrasi jalan tol, kecelakaan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah (Dok.pexels.com/getinspo)
Ilustrasi jalan tol, kecelakaan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah (Dok.pexels.com/getinspo)

KLIKANGGARAN - Langit masih berduka untuk kepergian orang tua Gala Sky, Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah. Kecelakaan di jalan tol yang telah merenggut nyawa keduanya ini menyisakan banyak pelajaran berharga.

Selain pesan terakhir berupa pertanyaan Vanessa Angel di Instagram Story, perihal mengemudi juga patut menjadi perhatian kita semua. Jalan tol sering dijadikan ajang untuk melajukan mobil dengan kecepatan penuh.

Menyusul berita duka tersebut, tersebar kabar bahwa supir Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah melajukan mobil dengan kecepatan tinggi di jalan tol itu. Benar dan tidaknya kabar ini, tentu menjadi tugas kepolisian untuk menyelidikinya.

Agar kecelakaan yang dialami Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah di jalan tol itu tidak terulang pada yang lain, mungkin ada baiknya pembaca mencatat uraian di bawah ini. Tentu saja tulisan ini tidak menjamin keselamatan, tapi paling tidak kita bisa lebih berhati-hati dalam berkendara.

Baca Juga: Proyek LED Display di Gedung DPR Senilai Rp43 Miliar Berpotensi Rugikan Negara

Pertama mengenai tikungan. Tikungan halus adalah tikungan dengan busur sangat lebar. Apabila kita menjalankan mobil dengan kecepatan 50 kpj, tidak terasa bahwa itu sebenarnya menikung. Wajib berhati-hati saat Anda melewati sebuah tikungan.

Dalam kondisi kecepatan tinggi, baru akan terasa bahwa jalanan itu menikung. Maka akan ada gaya sentrifugal (bantingan saat menikung, sehingga penumpang yang tertidur biasanya kepalanya membentur kaca, akibat gaya sentrifugal).

Untuk itu, semoga kita semua waspada saat berkendara.

Kedua mengenai kekesatan aspal vs beton yang sebenarnya sama dan sebanding. Hal ini sesuai Perencanaan dari PU Jalan dan Jembatan/ Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan. Tentu saja, faktor-faktor penurunan mutu yang mempengaruhi adalah mutu material dan pengerjaan. Wajib berhati-hati juga baik Anda sedang di jalan tol atau jalanan biasa.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X