• Sabtu, 27 November 2021

Ratusan Warga Amerika Masih Terjebak di Afganistan setelah Pemerintah Biden Akhiri Evakuasi

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 06:38 WIB
Para petinggi Taliban (atlanticcouncil.org)
Para petinggi Taliban (atlanticcouncil.org)

KLIKANGGARAN--Hingga 200 warga Amerika tetap terdampar di Afghanistan selama dua bulan setelah Washington menyatakan diakhirinya operasi evakuasi yang kacau, Departemen Luar Negeri mengakui, menimbulkan keraguan pada perkiraan resmi sebelumnya.

Antara 100 dan 200 orang Amerika yang ingin meninggalkan negara itu masih terjebak di sana, juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan kepada wartawan selama konferensi pers Jumat, mengklaim jumlahnya "jauh dari statis" dan "terus berubah."

“Angka apa pun, angka pasti apa pun tidak lebih dari potret sesaat dalam waktu,” katanya. “Hal yang sama berlaku untuk orang Amerika di Afghanistan yang ingin pergi dan yang siap melakukannya. Angka itu selalu berubah.”

Baca Juga: Penuhi Ancamannya, Erdogan Perintahkan Usir 10 Dubes dari Turki!

Juru bicara itu menambahkan bahwa ada "alam semesta orang Amerika yang sedikit lebih besar" yang tidak cukup siap untuk meninggalkan negara itu, tetapi mengatakan "Jika rencana mereka berubah, kami akan dengan senang hati membantu memfasilitasi keberangkatan mereka."

Mengutip RT.com, Price tidak memberikan angka pasti berapa banyak warga yang masih terdampar di Afghanistan, selama panggilan Kamis dengan staf kongres, Departemen Luar Negeri mengatakan telah melakukan kontak dengan 363 orang Amerika di negara itu, dan bahwa 176 dari mereka saat ini ingin pergi, menurut kepada dua sumber yang akrab dengan diskusi yang dikutip oleh CNN.

Bahkan jangkauan juru bicara yang lebih luas antara 100 dan 200 warga sangat kontras dengan klaim sebelumnya dari departemen tersebut. Sehari sebelum misi evakuasi AS selesai pada 30 Agustus, Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengklaim ada “di bawah 200 dan kemungkinan mendekati 100 [orang Amerika] yang tetap di Afghanistan dan ingin pergi.”

Baca Juga: Cidera, Anthony Ginting dan Jonatan Christie Mundur dari French Open 2021

Lebih dari 200 warga telah dievakuasi sejak saat itu, menunjukkan angka sebenarnya mungkin mendekati dua kali lipat perkiraan Blinken - dengan asumsi 200 orang Amerika lainnya masih terdampar, seperti yang ditunjukkan Price pada hari Jumat.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polandia Mengancam Tutup Perbatasan dengan Belarusia

Senin, 22 November 2021 | 09:21 WIB
X