• Senin, 18 Oktober 2021

Nilai Piutang PBB P2 Pemprov DKI Jakarta Terus Bertambah, Ternyata Ini Sebabnya

- Rabu, 22 September 2021 | 20:13 WIB
Nilai Piutang PBB P2 Pemprov DKI Jakarta Terus Bertambah (Dok.klikanggaran.com/KR)
Nilai Piutang PBB P2 Pemprov DKI Jakarta Terus Bertambah (Dok.klikanggaran.com/KR)

Jakarta, Klikanggaran.com - Dalam rangka memperoleh nilai piutang PBB-P2 yang akurat, Pemprov DKI Jakarta telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi DKI Jakarta Nomor 94 Tahun 2014 tentang Tata Cara Penghapusan Pajak Daerah.

Dalam Pasal 2 ayat (1) Pergub ini menyatakan bahwa penghapusan piutang pajak daerah, dalam hal ini Pemprov DKI Jakarta, dilakukan terhadap piutang pajak daerah yang telah kedaluarsa dan piutang pajak daerah yang tidak dapat atau tidak mungkin ditagih lagi.

BPK telah menerima konfirmasi secara tertulis kepada 15 UP3D wilayah dan kecamatan terkait dengan upaya kegiatan pengapusan piutang PBB-P2. Diketahui, belum semua UP3D mengusulkan penghapusan piutang PBB-P2 kepada Bapenda Pemprov DKI Jakarta.

Baca Juga: Bicara Reformasi Argaria, Jokowi Berkomitmen Berantas Mafia Tanah

Diketahui pula bahwa:

1) Sejak berlakunya Pergub Nomor 94 Tahun 2014 diketahui belum seluruh UP3D mengusulkan penghapusan piutang PBB-P2 yang telah kedaluarsa maupun yang tidak mungkin ditagih lagi; dan

2) Berdasarkan keterangan UP3D diketahui bahwa penyampaian usulan penghapusan piutang PBB-P2 tersebut belum dilaksanakan secara periodik. UP3D yang mengusulkan penghapusan piutang PBB-P2 hanya berdasarkan inisiasi dan kebijakan UP3D yang bersangkutan.

Baca Juga: Fakta Menarik! Ini Nama Tempo Doeloe 5 Pulau Besar di Indonesia

Kondisi tersebut mengakibatkan:

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Microsoft Tutup Aplikasi LinkedIn di China, Kenapa ya?

Minggu, 17 Oktober 2021 | 23:14 WIB
X