• Jumat, 30 September 2022

Ibadah Terasa Berat? Lawan dengan Hakikat Ini!

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 22:26 WIB
Ilustrasi (pixabay)
Ilustrasi (pixabay)

KLIKANGGARAN - Ibadah merupakan kewajiban setiap orang yang beragama. Kewajiban beribadah bagi umat muslim adalah salat, zakat, dan puasa ramadhan. Ibadah tersebut akan tidak terasa berat jika kita memahami hakikatnya.

Pasalnya, jika kita tidak memahami hakikat dari sebuah ibadah, maka ibadah tersebut akan terasa berat. Kita akan merasa bahwa ibadah tersebut adalah sebuah beban yang memberatkan.

Jika kita ingin melawan beratnya beribadah, kita harus mengetahui hakikatnya. Imam Badiuzzaman Said Nursi, menjelaskan hakikatnya dengan sangat jelas dalam bukunya Nasihat Spiritual, kalimat ketiga. Said Nursi menjelaskan hakikatnya dengan sebuah cerita imajiner yang singkat.

Diceritakan bahwa terdapat 2 orang prajurit yang diperintahkan untuk menuju ke sebuah kota. Keduanya berjalan bersama lalu menemui sebuah persimpangan. Di sana mereka bertemu seseorang yang menjelaskan keadaan kedua jalan tersebut.

Baca Juga: Melihat Uniknya Tradisi Ngabuburit Masyarakat Indonesia di Bulan Ramadan Menunggu Berbuka Puasa

Dijelaskan bahwa jalan sebelah kanan tidak mengandung bahaya, dan di sana akan menemukan kelapangan, ketenangan, dan keberuntungan.

Sementara jalan sebelah kiri, di samping tidak bermanfaat, sembilan dari sepuluh para pelintasnya mengalami kerugian.

Perlu diketahui bahwa kedua jalan tersebut memiliki jarak yang sama. Yang membedakan hanya satu, yaitu pejalan yang melalui sisi kiri berjalan tanpa membawa tas, barang, dan senjata sehingga secara lahiriah ia merasa ringan dan nyaman.

Baca Juga: Kabar Baru Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik Luhut Binsar Pandjaitan, Haris Azhar dan Fatia Jadi Tersangka

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Buku Nasihat Spiritual

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Caranya Cek Hasil Pengumuman SNMPTN 2022

Selasa, 29 Maret 2022 | 15:26 WIB

Ibadah Terasa Berat? Lawan dengan Hakikat Ini!

Sabtu, 19 Maret 2022 | 22:26 WIB
X