• Kamis, 30 Juni 2022

Melihat Uniknya Tradisi Ngabuburit Masyarakat Indonesia di Bulan Ramadan Menunggu Berbuka Puasa

- Sabtu, 19 Maret 2022 | 21:29 WIB
Ilustrasi (pixabay.com)
Ilustrasi (pixabay.com)

KLIKANGGARAN - Di Indonesia, masyarakat muslim yang melaksanakan puasa Ramadan memanfaatkan waktu luang berbuka puasa dengan melakukan banyak aktivitas bermanfaat. Hal itu umumnya dikenal dengan istilah ngabuburit.

Apa itu ngabuburit? Pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat tanah air yang memang sering muncul pada bulan Ramadan.

Nah, mungkin sebagian besar dari kita hanya mengenal ngabuburit yang umum di masyarakat diisi dengan aktivitas, berjalan-jalan ke luar rumah untuk membeli makanan takjil atau duduk santai sambil bercengkerama dengan anggota keluarga lainnya untuk menunggu azan Magrib berkumandang.

Namun, ternyata di beberapa daerah Indonesia, masyarakat mempunyai cara ngabuburit yang sangat unik.

Baca Juga: Kabar Baru Kasus Dugaan Pencemaran Nama Baik Luhut Binsar Pandjaitan, Haris Azhar dan Fatia Jadi Tersangka

Berikut keunikan ngabuburit di berbagai wilayah Indonesia:

Jombang

Di daerah Jombang, ada kegiatan ngabuburit yang disebut ngabubuRead. Kegiatan ngabubuRead digagas oleh kelompok pemuda dari Jombang yang berasal dari beragam komunitas seperti Komunitas Pecinta Reptil (Ricoper), Komunitas Rumah Baca Gang Masjid (RBGM), Jombang Astronomi Club, serta Komunitas Pecinta Permainan Tradisional dan Rumah Inspiratif.

NgabubuRead berisi kegiatan yang unik dan berbeda dari kebiasaan ngabuburit pada umumnya. NgabubuRead seperti namanya, dirancang dengan tujuan agar anak-anak mengisi waktu luang menunggu berbuka puasa dengan aktivitas membaca buku.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kafarat Jima' di Siang Hari pada Bulan Ramadhan

Jumat, 29 April 2022 | 08:42 WIB
X