• Selasa, 9 Agustus 2022

Peristiwa Isra Mikraj Dalam Penjelasan Ahli Teori Fisika, Terdapat 3 kunci Asra, Abdi dan Layl, Apa Maksudnya?

- Senin, 28 Februari 2022 | 06:59 WIB
Ilustrasi (freepik.com)
Ilustrasi (freepik.com)

KLIKANGGARAN --Peristiwa Isra’ wal-Mi‘rāj‎ adalah dua bagian perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja.

Kejadian yang pada zaman itu dianggap tidak masuk akal bahkan membuat sejumlah orang di Mekah yang sebelumnya telah menjadi muslim, kembali murtad.

Salah satu sahabat Nabi saat ini yang meyakini peristiwa Isra' wal-Mi'raj benar adanya adalah  Abu Bakar.

Peristiwa Isra Mikraj merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam karena pada peristiwa inilah Nabi Muhammad mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam.

Beberapa penggambaran tentang kejadian ini dapat dilihat di surah ke-17 di Al-Qur'an, yaitu Surah Al-Isra.

Baca Juga: Pertandingan Tinju HSS Vicky Prasetyo Menang Melawan Aldi Taher, Warganet: Pacman Ketar-ketir Lihat Gladiator!

Peristiwa tersebut terdapat dalam Surat Al Isra ayat 1 bahwa dijelaskan peristiwa isra atau perjalanan suci Nabi Muhammad SAW pada malam hari bersama malaikat Jibril dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina.

Sedangkan peristiwa Mikraj atau dinaikkannya Nabi Muhammad SAW ke Sidratil Muntaha atau langit ketujuh dijelaskan dalam Surat An Najam (Bintang) ayat 13-18.

Agus Purwanto yang merupakan guru besar teori fisika di Institut Teknologi Sepuluh November dan juga aktif di Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah memberikan pemahaman mengenai peristiwa Isra’ Mi’raj dengan Teori Relativitas Umum Einstein.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: Muhammadiyah.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Caranya Cek Hasil Pengumuman SNMPTN 2022

Selasa, 29 Maret 2022 | 15:26 WIB

Ibadah Terasa Berat? Lawan dengan Hakikat Ini!

Sabtu, 19 Maret 2022 | 22:26 WIB
X