• Sabtu, 2 Juli 2022

Klarifikasi Video Viral Tanah Bergerak di Pasaman, BNPB Sebut Bukan Likuefikasi, Tapi…

- Minggu, 27 Februari 2022 | 21:55 WIB
Video Viral yang dikira lumpur bergerak (PMJ News)
Video Viral yang dikira lumpur bergerak (PMJ News)

KLIKANGGARAN – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan bahwa lumpur bergerak seusai gempa bumi magnitudo 6,1 di Kabupaten Pasaman Sumatera Barat yang viral di media sosial bukan likuefikasi atau tanah bergerak.

Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari seperti dilaporkan PMJ News menjelaskan, yang terekam oleh kamera warga dan kemudian diunggah ke media sosial tersebut adalah banjir lumpur akibat longsor yang terjadi di hulum.

"Dari temuan fakta hasil kaji cepat dan pemetaan, fenomena yang terjadi di Pasaman dipastikan bukanlah likuefaksi. Tetapi, banjir lumpur akibat longsor yang terjadi di hulum," ungkap Abdul Muhari dalam keterangannya, Minggu (27/2/2022).

Penjelasan Abdul Muhari tesebut sejalan dengan dengan temuan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota.

Baca Juga: PPL Lutra Ini Kembangkan Alpukat Hass di Rongkong, Alpukat Premium Pilihan Chief Dunia

Hasil temuan BPBD Kabupaten Limapuluh Kota memperlihatkan adanya titik-titik longsoran di hulu Talamau. Banjir lumpur inilah yang kemudian menghantam rumah warga.

"Didapatkan dokumentasi visual dari pesawat nirawak atau drone yang secara jelas memperlihatkan ada titik-titik longsoran di hulu Talamau, yang kemudian masuk ke sungai dan terbawa aliran sungai ke hilir dan menghantam beberapa rumah penduduk," jelasnya.

Fenomena alam yang terjadi di Kabupaten Pasaman tersebut menurut Abdul Muhari lebih mirip seperti banjir sedimen di Sigi, Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Momen Senewen Ayus Sabyan Gagal Bujuk Anaknya, Saat Ririe Fairus Akan Terbang Ke Paris

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X