• Minggu, 27 November 2022

Hapus Mapel dari UTBK, Pengamat Pendidikan Minta Jokowi Copot Nadiem

- Rabu, 7 September 2022 | 20:50 WIB
Peserta UTBK (ayosemarang)
Peserta UTBK (ayosemarang)

KLIKANGGARAN -- Nadiem Makarim melakukan langkah dramatis dan kontroversial terkait tes masuk perguruan tinggi negeri.

Nadiem Makarim menghapus mata pelajaran (mapel) sains teknologi dan sosial humaniora dari mata pelajaran yang diujikan di UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN).

Keputusan Nadiem Makarin itu mengundang kritik dari berbagai kalangan, salah satunya pengamat pendidikan Alfanny dalam rilis yang diterima redaksi pada Rabu 7 September 2022.

Alfanny menilai keputusan tersebut diambil tergesa-gesa tanpa riset dan evaluasi yang mendalam dan serius.

Baca Juga: Spoiler Bocoran Takdir Cinta yang Kupilih Episode 3, Tayang 7 September 2022, Novia pun nyata Ditikung Sahabat

"Adalah sebuah ironi bagi Indonesia yang bermimpi ingin menjadi negara industri maju, tapi malah menghapus mapel sains dan teknologi dari mapel yang diujikan di UTBK", tandas Alfanny yang juga merupakan alumni Ilmu Sejarah Universitas Indonesia.

Menurut Alfanny, penghapusan mapel sosial humaniora seperti sejarah, sosiologi, geografi dan ekonomi juga kontraproduktif dengan "nation and character building".

"Bagaimana Negara bisa membangun masyarakat yang mandiri, toleran dan cinta tanah air bila mapel sosial humaniora malah dihapus dari UTBK?" gugat Alfanny yang juga merupakan alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Indonesia.

Baca Juga: Akses Jembatan Sungai Masamba Resmi Dibuka, Lalu Lintas Kendaraan Kembali Normal

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rilis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program Bakti BUMN PT Pelindo Jasa Maritim Kian Terasa

Jumat, 30 September 2022 | 14:37 WIB
X