• Kamis, 29 September 2022

Heboh BPJS Kesehatan jadi Syarat Jual Beli Tanah, Pembuatan SIM dan STNK, Dirut BPJS Kesehatan Angkat Bicara

- Selasa, 22 Februari 2022 | 06:22 WIB
Ilustrasi BPJS Kesehatan (InfoPublik.id)
Ilustrasi BPJS Kesehatan (InfoPublik.id)

KLIKANGGARAN – Publik dikagetkan dengan kabar tentang persyaratan kepesertaan BPJS Kesehatan dalam jual beli tanah, pembuatan SIM,STNK dan SKCK

Ketentuan keharusan menjadi peserta BPJS Kesehatan sebagai syarat dalam jual beli tanah, pembuatan SIM, STNK dan SKCK tersebut tertuang dalam Inpres N0.1 tahun 2022.

Bagaimana sih isi Inpres yang membuat heboh itu?

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti menjelaskan tujuan terbitnya Inpres Nomor 1 Tahun 2022 untuk memastikan seluruh lapisan masyarakat terlindungi jaminan kesehatan.

Untuk itulah, melalui Inpres N0.1 tahun 2022 diperintaahkan kepada 30 Kementerian/Lembaga termasuk gubernur, bupati, wali kota untuk mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk melakukan optimalisasi pelaksanaan Program jaminan kesehatan nasional-kartu Indonesia sehat (JKN-KIS).

Baca Juga: Hati-Hati Penipuan Modus Jual Minyak Goreng Murah, Sudah ada Pelaku yang Ditangkap, Bagaimana Modusnya?

"Hal itu, menujukkan bahwa Pemerintah berkomitmen memastikan seluruh lapisan masyarakat terlindungi jaminan kesehatan. Oleh sebab itu, pemerintah menginstruksikan 30 kementerian/lembaga tersebut untuk mensyaratkan JKN-KIS dalam berbagai keperluan. Sekali lagi, bukan untuk mempersulit, melainkan untuk memberikan kepastian perlindungan jaminan kesehatan bagi masyarakat," katanya, Senin (21/2/2022).

Ali Gufron menjelaskan, saat ini 86 persen penduduk Indonesia telah memperoleh perlindungan jaminan kesehatan dengan menjadi peserta Program JKN-KIS.

Cakupan kepesertaan itu, termasuk penduduk miskin dan tidak mampu, yang dibiayai oleh pemerintah sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Para pensiunan ASN/TNI/POLRI pun otomatis sudah menjadi peserta JKN-KIS.

Halaman:

Editor: Muslikhin

Sumber: InfoPublik.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X