• Minggu, 23 Januari 2022

Di Mata KPK, Kemensos Adalah Kementerian yang Strategis

- Selasa, 16 November 2021 | 20:03 WIB
Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) bergerak cepat merealisasikan pendirian lumbung sosial di Desa Trunyan, Kabupaten Bangli, Bali (Instagram/kemensosri)
Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) bergerak cepat merealisasikan pendirian lumbung sosial di Desa Trunyan, Kabupaten Bangli, Bali (Instagram/kemensosri)

KLIKANGGARAN-- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memandang Kemensos sebagai salah satu kementerian yang memiliki peran penting dan strategis.

Sejumlah kajian sistem pun telah dilakukan KPK termasuk di masa pandemi ini. Salah satunya terkait kajian tata kelola bantuan sosial (bansos) di tahun 2020 pada Kemensos.

KPK dan Kemensos juga telah berkolaborasi dalam penanganan keluhan terkait bansos dengan memanfaatkan aplikasi JAGA Bansos yang diinisiasi KPK.

Sejumlah rekomendasi KPK terkait penyelenggaraan bansos termasuk di dalamnya terkait penataan data telah disampaikan dan ditindaklanjuti Kemensos.

Baca Juga: Pembalap China Guanyu Zhou Bergabung dengan Tim Balap F1 Alfa Romeo, Berpasangan dengan Valtteri Bottas

"Antara lain KPK sempat menyoroti terkait kualitas data penerima bantuan sosial, transparansi data, dan pemutakhiran data pada Kemensos," ujar PLT.Jubir KPK Bidang Pencegahan, Ipi Maryati dalam keterangannya diterima oleh klikanggaran.com, Selasa, 16 November 2021.

Untuk diketahui, setelah tujuh seri penyelenggaraan program Penguatan Antikorupsi Penyelenggara Negara Berintegritas (PAKU Integritas), hari ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menggelar seri kedelapan executive briefing yang merupakan seri terakhir kegiatan tersebut.

Sebagai upaya pencegahan korupsi melalui pendidikan dengan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan antikorupsi, seri ke-8 ini, akan disampaikan oleh Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron beserta jajaran untuk pejabat Kementerian Sosial RI, secara luring di Gedung Merah Putih KPK pukul 09.00 – 12.00 WIB.

Menteri Sosial Tri Rismaharini, Sekjen Kemensos Harry Hikmat, Inspektur Jenderal Dadang Iskandar, Dirjen Perlindungan Jaminan dan Sosial Pepen Nazarudin, Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Asep Sasa Purnama, serta Kaban Pendidikan Pelatihan dan Penyuluhan Sosial Hartomo Laras beserta pasangan masing-masing dijadwalkan hadir pada acara tersebut.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2023, Tenaga Honorer Dihapus

Rabu, 19 Januari 2022 | 20:30 WIB

Nusantara Adalah Nama Ibu Kota Baru Indonesia

Senin, 17 Januari 2022 | 14:58 WIB

Sudah Tahu Daftar Hari Libur Tahun 2022?

Sabtu, 1 Januari 2022 | 16:35 WIB
X