• Jumat, 12 Agustus 2022

Puasa tapi Tidak Salat, Hukumnya Bagaimana?

- Selasa, 22 Maret 2022 | 17:15 WIB
Ilustrasi Salat (canva.com)
Ilustrasi Salat (canva.com)

KLIKANGGARAN -- Bulan Ramadan sudah hampir tiba, lho. Ramadan kali ini pasti membuat semua orang ingin berlomba-lomba untuk memperbaiki diri dan berusaha menjadi lebih baik lagi.

Itu merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh orang-orang yang beriman karena pada hakikatnya belum tentu kita bisa bertemu bulan Ramadan pada tahun berikutnya.

Banyak sekali fenomena yang terjadi saat bulan Ramadan datang. Mulai dari orang yang sangat senang dengan datangnya bulan Ramadan lalu ia memanfaatkan momen Ramadan ini dengan sebaik-baiknya.

Ada juga yang biasa saja, bahkan lebih parahnya lagi ia melaksanakan puasa Ramadan namun melalaikan kewajiban yang lain seperti salat

Baca Juga: Bisnis di Bulan Ramadan Memangnya Bisa Menghasilkan Cuan? Simak Penjelasannya!

Barang siapa berpuasa tapi meninggalkan salat, berarti ia meninggalkan rukun terpenting dari rukun-rukun Islam setelah tauhid.

Puasanya sama sekali tidak bermanfaat baginya, selama ia meninggalkan salat. Sebab salat adalah tiang agama, di atas-nya lah agama tegak.

Dan orang yang meninggalkan salat hukumnya adalah kafir. Orang kafir tidak diterima amalnya.

Rasulullah shallallahualaihi wa sallam bersabda: “Perjanjian antara kami dan mereka adalah salat, barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.” (HR. Ahmad dan Para penulis kitab Sunan dari hadits Buraidah) At-Tirmidzi berkata : Hadits hasan shahih, Al-Hakim dan Adz Dzahabi menshahihkannya.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X