• Kamis, 27 Januari 2022

Nasi Bogana, Kuliner khas Cirebon atau Tegal?

- Jumat, 19 November 2021 | 16:55 WIB
Nasi bogana (Klikanggaran/@anas_eka_wardana)
Nasi bogana (Klikanggaran/@anas_eka_wardana)

KLIKANGGARAN--Mungkin sudah tidak asing lagi jika telinga kita semua mendengar kata “Cirebon”. Kota yang berada di Jawa Barat serta berbatasan langsung dengan Jawa Tengah ini memiliki sejarah yang panjang, khususnya mengenai kuliner khasnya.

Sebetulnya di Cirebon banyak sekali makanan lain yang menjadi ciri khasnya. Mulai dari empal gentong, nasi jamblang, tahu gejrot, kerupuk melarat, dan masih banyak lagi. Tapi, ada salah satu kuliner khas Cirebon yang sebetulnya jarang orang ketahui.

Kuliner tersebut bernama nasi bogana. Sekilas memang jarang kita mendengar atau melihat berapa banyak restoran di kota Cirebon yang menyajikan menu unik yang satu ini. Kenapa dikatakan unik?

Baca Juga: Aksi Bela Ulama di Solo Menuntut Pembubaran Densus 88 setelah 3 Terduga Teroris Ditangkap

Hal ini dikarenakan kuliner nasi bogana hanya dapat kita jumpai di kala acara-acara tertentu saja. Sehingga hal yang wajar kalau nasi bogana jarang kita jumpai saat berkunjung ke kota Cirebon.

Terkadang kekayaan kuliner Indonesia sering kali membuat kita menjadi bingung. Kemiripan atau bahkan kesamaan nama antara satu dengan lainnya bisa saja menampilkan suatu perdebatan dan saling klaim siapa yang benar.

Misalnya saja nasi bogana dan begana, namanya sedikit mirip tetapi maknanya berbeda. Nasi bogana adalah kuliner khas Cirebon, sedangkan nasi begana adalah nama lain dari megono Pekalongan. Ada lagi nasi bogana atau nasi begana khas Tegal yang menjadi bagian dari set menu semacam nasi campur dengan aneka lauk.

Baca Juga: Hafiz/Gloria Kalah, Indonesia tidak punya wakil di semi final ganda campuran Indonesia Masters 2021.

Seperti yang dimuat dalam artikel berjudul “Nasi Bogana dan Nasi Lengko khas Tegal” pada laman resmi lifestyle.kompas.com, di Tegal nasi bogana hanya terdapat pada perayaan hari-hari tertentu saja, seperti Capgome (perayaan lampion) yang ditandai dengan jamuan makan malam besar.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Blunder Arteria Dahlan, Kata Ujug-ujug Jadi Viral

Senin, 24 Januari 2022 | 21:22 WIB

Bisakah Manusia Bahagia Tanpa Susah Payah?

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:00 WIB

Keanu Go Public, Apakah Keanu Punya Pacar?

Senin, 10 Januari 2022 | 10:04 WIB
X