• Senin, 17 Januari 2022

Sate Maranggi: Kelezatan Rasa dan Akar Sejarahnya

- Kamis, 11 November 2021 | 17:10 WIB
Maranggi adalah satu sate khas di Indonesia (dok. Anas Eka Wardana)
Maranggi adalah satu sate khas di Indonesia (dok. Anas Eka Wardana)

KLIKANGGARAN--Cita rasa yang terdapat pada sate maranggi sudah tidak bisa diragukan. Variasi sajian pada sate maranggi seakan membuat masyarakat ingin menyantap dengan sepiring nasi.

Tiap jenis sate maranggi memiliki kelezatan tersendiri. Hal tersebut datang dari jenis olahan daging, bumbu bakar sate, hingga cara memasak sate yang berbeda-beda.

Di Purwakarta sendiri, sate maranggi telah menjadi sebuah identitas lokal. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Purwakarta kalau belum mencicipi sate maranggi.

Baca Juga: Porprov XIII OKU Raya, Kontigen PALI Bertekad Kibarkan Bendera, Harumkan Nama PALI Lewat Prestasi Olahraga

Sate maranggi adalah sebuah hidangan yang begitu nikmat. Saking lezatnya, Presiden Republik Indonesia ke-7 yakni bapak Presiden Jokowi Widodo memasukkan sate maranggi sebagai hindangan favorit beliau.

Bahkan dilansir dari situsi detiknews.com dalam artikel yang berjudul “Jokowi Bawa Sate Maranggi Mendunia, Bupati Purwakarta pun Tersanjung” menjelaskan jika sate maranggi dan kopi mandailing adalah menu spesial santap siang dengan para CEO Korsel yang berinvestasi di Indonesia.

Tapi, bicara soal kelezatan sate maranggi, kita pun mesti mengetahui bagaimana sate maranggi ini bisa muncul dan menjadi identitas lokal Purwakarta?

Baca Juga: Cargo Ducati Terbongkar, Karyawan Sirkuit Mandalika Pun Dipecat, Tindakan Konyol Demi Konten?

Sate maranggi sebetulnya telah ada sejak tahun 1960-an. Dimulai dari dua sentra sate maranggi, yakni daerah Plered dan Hutan Jati Cibungur. Kekhasan cita rasa pada sate maranggi kian dikenal masyarakat dan mudah ditemukan pada beberapa wilayah yang ada di Indonesia.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keanu Go Public, Apakah Keanu Punya Pacar?

Senin, 10 Januari 2022 | 10:04 WIB

Peruntungan Shio Tikus di Tahun Macan Air

Sabtu, 1 Januari 2022 | 21:16 WIB
X