• Kamis, 27 Januari 2022

Wingko Babat : Ternyata Sejarahnya Bukan Asli Semarang

- Sabtu, 13 November 2021 | 21:26 WIB
Wingko Babat (Klikanggaran/@Anas_Eka_Wardana)
Wingko Babat (Klikanggaran/@Anas_Eka_Wardana)

KLIKANGGARAN--Kalau mendengar kata wingko, pasti yang terlintas dalam pikiran kita adalah Kota Semarang. Semarang dan wingko memang bagaikan pasangan yang tak dapat dipisahkan. Akan tetapi, perlu kita ketahui bahwa sejarah mencatat kalau wingko babat bukanlah kuliner khas Semarang.

Wingko babat sebetulnya merupakan jajanan asli dari Kota Babat, Lamongan. Wingko babat yang selama ini dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Kota Semarang berawal dari seorang pioner yakni Loe Lan Hwa yang merupakan perempuan berdarah Tionghoa yang pindah dari kota Babat Lamongan lalu menetap di Kota Semarang.

Di tahun 1946, Loe Lan Hwa mulai memproduksi wingko dan menjajakan wingko buatannya ke kios-kios sederhana dekat stasiun kereta api Semarang Tawang.

Baca Juga: Duh, Jalan Tol Prabumulih-Muara Enim Ditangguhkan Hingga 2024, Tak Jadi Beroperasi Pada Desember 2023

Hal tersebut menjadi sebab munculnya usahawan yang memproduksi wingko babat. Karena banyak munculnya kompetitor telah menjadikan wingko babat semakin berkembang dan diminati oleh masyarakat Semarang maupun wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

Lalu, bagaimana akar sejarah wingko babat asli Lamongan?

Kalau merujukan dari beberapa sumber sejarah, Wingko babat Lamongan itu pertama kali dibuat pada tahun 1898 yang didirikan oleh Loe Soe Siang dan istrinya bernama Djoa Kiet Nio.

Mereka adalah sepasang suami istri perantau asli dari Tiongkok yang menetap di Babat, Lamongan. Kehadiran wingko didasari untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga Loe Soe Siang, ia membuat sebuah jajanan yang diberi nama “wingko” dan pada saat itu ia juga menetap di Babat, maka jajanan tersebut dikenal dengan sebutan “wingko babat”, yang berarti kue wingko yang berasal dari Babat.

Baca Juga: Malala Yousafzai Berbagi Foto Baru Pernikahannya dengan Asser Malik, Sudah melihatnya?

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Blunder Arteria Dahlan, Kata Ujug-ujug Jadi Viral

Senin, 24 Januari 2022 | 21:22 WIB

Bisakah Manusia Bahagia Tanpa Susah Payah?

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:00 WIB

Keanu Go Public, Apakah Keanu Punya Pacar?

Senin, 10 Januari 2022 | 10:04 WIB
X