• Kamis, 29 September 2022

Generasi Z, Mari Kita Menjunjung Tinggi Bahasa Indonesia dengan Tiga Sikap!

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:47 WIB
ponsel dan internet perangkat penting generasi Z (dok. klikanggaran)
ponsel dan internet perangkat penting generasi Z (dok. klikanggaran)

KLIKANGGARAN--Selamat datang Generasi Z. Generasi Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1996-2010. Generasi Z disebut juga sebagai Generasi Net atau Generasi Internet. Generasi ini muncul setelah Generasi Milineal.

Generasi Z merupakan generasi influencer, penduduk asli dari era digital sejati saat ini. Sebab dari lahir hingga dewasa, generasi ini telah terpapar internet, jaringan sosial, dan sistem seluler.

Perkembangan teknologi ini menghasilkan generasi Z, generasi hiper kognitif yang lebih nyaman mengumpulkan referensi silang dari banyak sumber informasi dan mengintegrasikan pengalaman virtual dengan kehidupan nyata.

Baca Juga: KPK Hari Ini Jemput Bola, Datangi Dinas PUPR Muba, Sebanyak Delapan Pegawai Dimintai Keterangan

Generasi Z cenderung memiliki ambisius, multitasking, dan selalu ingin mendapat pengakuan.

Hal tersebut dikarenakan generasi Z lebih banyak dipengaruhi oleh kehidupan internet. Lebih banyak bersosialisasi di dunia maya dibandingkan dunia nyata.

Berintelektual yang baik, terbuka terhadap segala sesuatu, dan mendapatkan informasi yang lebih banyak sehingga motivasi tinggi terhadap suatu hal yang dirasakan oleh generasi Z ini. Merasa serba instan pun membuat mereka tidak menghargai proses.

Seperti halnya pada momen sumpah pemuda ini. Generasi Z kurang menghargai bagaimana Sumpah Pemuda lahir. Padahal berkat para pemuda pada saat itu, Indonesia bisa disatukan walau berbeda suku, agama, dan Bahasa.

Baca Juga: Kapolri: Jaga emosi, Jangan Terpancing

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

9 Tips Ampuh Gencet Pengeluaran di Tanggal Bokek

Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:25 WIB
X