• Jumat, 20 Mei 2022

Untuk Drakor dan Pandemi, Katakan, Saya Tak Ada Waktu untuk Sedih!

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 18:33 WIB
Untuk Drakor dan Pandemi, Katakan, Saya Tak Ada Waktu untuk Sedih! (Dok.klikanggaran.com/Ratih)
Untuk Drakor dan Pandemi, Katakan, Saya Tak Ada Waktu untuk Sedih! (Dok.klikanggaran.com/Ratih)

Klikanggaran.com – Siapa yang tak tahu drakor, siapa juga tak suka drakor? Banyak! Salah satunya si cantik teman saya ini.

Saya punya teman cantik dan enerjik, ketika saya tanya, suka drakor, ga? Jawabannya, “Ga suka dan tidak ada waktu untuk menonton.”

Drama Korea alias drakor adalah sajian cerita yang mengacu pada drama televisi di Korea. Dikemas dengan format miniseri, banyak dari drama Korea telah menjadi populer di seluruh Asia.

Baca Juga: Tanpa SOP, Kerja Sama PT Inhutani II dengan PT Kaltim Izzi Perkasa Menuai Piutang Rp5,1 Miliar

Drakor telah memberi kontribusi pada fenomena umum dari gelombang Korea. Demam drama Korea pun terjadi di beberapa negara termasuk Indonesia.

Dalam penelitiannya, seorang dosen FISIP UNAIR mengatakan, remaja bergender perempuan menduduki rating tertinggi sebagai penikmat drakor.

Menurutnya, hal itu disebabkan karena drakor utamanya ditujukan kepada penonton perempuan. Drama Korea mengarah kepada ikatan emosional yang secara stereotipe lebih dimiliki oleh perempuan.

Baca Juga: Besok, Pilkades Serentak Adalah Ujian Bagi Demokrasi PALI

Menyimak beberapa tulisan dan mengamati remaja-remaja yang gandrung pada drakor, tidak sedikit yang suka pada tema sedih. Bahkan, ada yang rela mengorbankan kegiatan lain demi menangis di depan televisi atau ponsel yang sedang menayangkan drakor.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kafarat Jima' di Siang Hari pada Bulan Ramadhan

Jumat, 29 April 2022 | 08:42 WIB

Ramadan dan Penguatan Kohesi Sosial

Jumat, 8 April 2022 | 13:27 WIB
X