• Rabu, 1 Desember 2021

Membaca: Memaknai Simbol

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 15:04 WIB
Ilustrasi (@sekar_mayang)
Ilustrasi (@sekar_mayang)

 

KLIKANGGARAN--Ini mungkin tema usang. Mungkin sudah jutaan artikel membahasnya, jutaan acara bincang-bincang menjadikannya topik. Akan tetapi, para pegiat literasi seolah-olah tidak memiliki kata bosan untuk kembali menggaungkan ajakan membaca.

Baca adalah (meng)eja. Membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati); mengeja atau melafalkan apa yang tertulis; memperhitungkan; memahami (KBBI daring, diakses 27 Oktober 2021).

Betul sekali. Membaca tidak hanya membunyikan simbol-simbol berupa huruf atau angka. Ia adalah kegiatan memaknai sebuah bacaan, membawa sebuah pemahaman ke dalam pikiran.

Baca Juga: Penggeledahan di Kuansing, KPK Temukan Berbagai Dokumen Yang Diduga Terkait Rekomendasi AP

Ada kasus (jika tidak ingin menyebut banyak) seseorang tidak bisa memahami sebuah pertanyaan, padahal kalimatnya sederhana dan tidak memakai diksi tak lumrah. Seringnya, ini terjadi pada anak sekolah yang sulit memahami soal cerita dalam pelajaran Matematika.

Mengapa bisa begitu? Padahal, setelah disimak baik-baik, itu hanya soal penjumlahan atau perkalian, tetapi si anak seolah-olah sedang menghadapi persamaan diferensial bertingkat banyak.

Bisa jadi, hal itu karena si anak tidak memahami maksud dari soalan tersebut. Anak jelas bisa membaca. Lancar, tidak tersendat. Akan tetapi, rangkaian huruf-huruf itu hanya sampai pada pembunyian, belum sampai ke tahap pemaknaan.

Baca Juga: Wujudkan SIM-P, Bawaslu Jakarta Barat Menggelar Pembinaan SDM Pengawasan dan Sekretariat

Ini PR berat untuk orang tua dan guru di sekolah. Ketika seharusnya sudah berpindah ke bahasan selanjutnya, anak masih jalan di tempat.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kuliner Halal Ubud: Warung Jhabu, Pulang ke Rumah Emak!

Selasa, 30 November 2021 | 21:51 WIB

Nasi Bogana, Kuliner khas Cirebon atau Tegal?

Jumat, 19 November 2021 | 16:55 WIB

Mike Tyson 'Tantang' Racun Kodok, KO?

Jumat, 19 November 2021 | 15:30 WIB

Temukan Passionmu dengan Tiga Cara Ini!

Selasa, 16 November 2021 | 17:34 WIB

Wingko Babat : Ternyata Sejarahnya Bukan Asli Semarang

Sabtu, 13 November 2021 | 21:26 WIB

Waspadai Gejala Stres pada Anak

Jumat, 12 November 2021 | 07:48 WIB
X