• Senin, 5 Desember 2022

Iklim Demokrasi di Luwu Utara Semakin Baik, Kemendagri Beri Apresiasi

- Kamis, 29 September 2022 | 05:05 WIB
klim Demokrasi di Luwu Utara Semakin Baik, Kemendagri Beri Apresiasi (Dok. Risyaf)
klim Demokrasi di Luwu Utara Semakin Baik, Kemendagri Beri Apresiasi (Dok. Risyaf)

KLIKANGGARAN -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Ditjen Bina Pemdes) memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara atas suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi yang dilaksanakan di Kabupaten Luwu Utara.

Apresiasi ini dilayangkan Direktur Jenderal Bina Pemdes, Yusharto Huntoyungo, pada Rapat Pemantauan Pilkades Serentak 2022 Kabupaten Luwu Utara yang digelar virtual, Rabu (28/9/2022), yang dihadiri Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. “Kami mengapresiasi bahwa di Luwu Utara pesta demokrasi dari hari ke hari semakin baik,” kata Yusharto.

Diketahui, Rabu 28 September 2022 ini tengah berlangsung pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Luwu Utara, dalam suasana masih pandemi COVID-19. Untuk itu, Yusharto meminta masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan, serta memperkuat koordinasi dengan forkopimda demi stabilitas kemanan di daerah.

Baca Juga: Lama Diajak, Tapi Belum Bilang Iya, Febri Diansyah Kini Siap Bela Putri Candrawathi Setelah Bertemu

“Dalam menghadapi kondisi pemilihan saat ini, termasuk di masa pandemi COVID-19, maka diharapkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan serta memperkuat koordinasi dengan Forkopimda agar tetap menjaga protokol kesehatan serta kondusivitas dan stabilitas keamanan di masing-masing daerah,” jelas Yusharto Huntoyungo.

Sementara Bupati Indah Putri Indriani melaporkan bahwa hari ini, 28 September 2022, Pemda Luwu Utara sedang melaksanakan Pilkades Serentak yang dilaksanakan di 23 desa atau 13,85% dari jumlah desa di Luwu Utara, dengan jumlah DPT 33.121 jiwa dan jumlah TPS 82, serta jumlah Calon Kepala Desa (Cakades) yang ikut Pilkades 68 orang.

“Kita telah menyiapkan mekanisme pengamanan dengan terus berkoordinasi dengan pihak Polres, Kodim, Satpol PP dan Damkar, serta Linmas di 23 desa yang melaksanakan Pilkades hari ini,” sebut orang nomor satu di Luwu Utara ini.

Baca Juga: Inilah Profil Febri Diansyah, Mantan Pegawai KPK dan Pengacara Baru Putri Candrawathi, Trending di Twitter

Indah juga melaporkan beberapa langkah dan strategi pencegahan agar Pilkades berlangsung aman, sehat dan kondusif. “Kami melaporkan langkah-langkah pencegahan agar tidak terjadi kerumunan dalam Pilkades, antara lain, pada tahap kampanye, mengoptimalkan kampanye melalui media cetak dan elektronik atau media sosial,” sebutnya.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X