• Sabtu, 1 Oktober 2022

Ini Kebijakan Pemda dalam Upaya Pelestarian Budaya di Kabupaten Luwu Utara

- Selasa, 20 September 2022 | 11:45 WIB
Pelatihan Peningkatan SDM Kelompok Sanggar Seni dan Pemerhati Budaya, Senin (19/9/2022), di Aula Hotel Bukit Indah, Masamba (Dok. LHR)
Pelatihan Peningkatan SDM Kelompok Sanggar Seni dan Pemerhati Budaya, Senin (19/9/2022), di Aula Hotel Bukit Indah, Masamba (Dok. LHR)

KLIKANGGARAN -- Bupati Indah Putri Indriani membuka secara virtual Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia Kelompok Sanggar Seni dan Pemerhati Budaya dalam upaya Pemajuan dan Pelestarian Kesenian Tradisional, Senin (19/9/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Bukit Indah, Masamba, dan dihadiri secara langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu Utara, Ir. H. Armiadi, M.Si., Kadis Pendidikan dan Kebudayaaan, Drs. H. Jasrum, M.Si., serta Makole Baebuntan, Andi Masita.

Bupati Indah dalam arahannya via zoom meeting tersebut menyampaikan bahwa digitalisasi dan budaya-budaya modern yang berasal dari daerah lain telah memengaruhi kebudayaan lokal, mengintervensi dan hadir dalam kehidupan sehari-hari tanpa batasan.

Baca Juga: Reza Arap Disoroti Warganet Karena Diduga Selingkuh, Benarkah? Apa Hubungannya dengan Adam Levine?

“Perubahan-perubahan tersebut terasa sekali pengaruhnya dalam kehidupan kita sehari-hari, terkhusus pada kebudayaan daerah,” tutur Indah Putri Indriani.

Menurutnya, perkembangan teknologi dan informatika atau digitalisasi, dan budaya-budaya modern yang berasal dari daerah lain, begitu mudahnya mengintervensi dan hadir dalam kehidupan sehari-hari tanpa batasan.

“Ini menjadi tantangan kita bersama untuk selalu menghadapinya,” ucapnya mengingatkan. Dikatakannya juga bahwa penetrasi nilai-nilai baru memiliki sisi positif yang bermanfaat dalam menunjang kehidupan.

Baca Juga: Betulkah Gara-gara Julid ke Polisi, Kapolri Ogah Bertenu Najwa Shihab Seperti yang dibocorkan Nikita Mirzani?

Namun, lanjut dia, di sisi lain, nilai-nilai baru tersebut berpotensi tidak sesuai dengan nilai-nilai yang telah ada dan dominan di tengah masyarakat.

Halaman:

Editor: Kitt Rose

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X