• Selasa, 27 September 2022

Bimtek Terakhir, Kemkominfo Apresiasi Tim Pelaksana Luwu Utara BISA Smart City

- Rabu, 21 September 2022 | 21:02 WIB
Bimtek Tahap IV Penyusunan Masterplan Luwu Utara BISA Smart City, Rabu (21/9/2022), di Hotel Grand Town, Makassar (Klikanggaran/LHR)
Bimtek Tahap IV Penyusunan Masterplan Luwu Utara BISA Smart City, Rabu (21/9/2022), di Hotel Grand Town, Makassar (Klikanggaran/LHR)



KLIKANGGARAN --- Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap IV yang merupakan tahap terakhir dari penyusunan masterplan Smart City di Kabupaten Luwu Utara resmi dilaksanakan, Rabu (21/9/2022), di Hotel Grand Town Makassar.

Bimtek tahap IV ini diikuti Tim Pelaksana Luwu Utara BISA Smart City, yang terdiri dari para Sekretaris Perangkat Daerah (PD) bersama para Kasubag Perencanaan-nya. Bimtek ini resmi dibuka Kepala Diskominfo SP, Arief R. Palallo.

Ketua Tim Ahli Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Rudi Hartanto, menyampaikan apresiasi kepada Tim Pelaksana Luwu Utara BISA Smart City atas peran serta dan partisipasinya sehingga seluruh rangkaian bimtek terlaksana baik.

“Alhamdulillah, kita sudah sampai kepada bimtek keempat atau bimtek terakhir, dan apa yang sudah kita lakukan pada bimtek pertama sampai ketiga, hari ini kita akan coba lihat kembali sejauhmana proses yang telah kita hasilkan bersama,” kata Rudi.

Baca Juga: Gerah Dituding Perankan Video Film Dewasa, Jeje Slebew Bela Diri

Menurutnya, keberhasilan bimtek pertama sampai bimtek keempat adalah berkat kerja-kerja kolaboratif yang telah dilakukan selama ini. “Terima kasih, saya mengapresiasi Luwu Utara yang semangatnya sangat luar biasa dalam menyukseskan smart city,” ucap Rudi.

Ia mengingatkan bahwa smart city tak bisa terimplementasi tanpa sinergi dan kolaborasi multipihak, termasuk peran serta dari masyarakat itu sendiri. “Smart city adalah kerja kita semua, termasuk bagaimana pelibatan masyarakat untuk ikut berpartisipasi,” jelasnya.

Dijelaskannya bahwa pada konsep smart city, ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian, yaitu inovasi, pelibatan dan partisipasi masyarakat, literasi untuk mendukung kesinambungan program serta membangun kerjasama dengan mitra lainnya.

Baca Juga: Catat! Ini Keputusan Bahtsul Masail FMPP Soal Ganja untuk Medis

“Konsep smart city ini yang terpenting adalah inovasi, yaitu bagaimana menyelesaikan masalah dengan cara-cara inovatif, serta meningkatkan peran serta masyarakat, karena keberhasilan pembangunan ditentukan oleh keaktifan masyarakat dalam pembangunan,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X