• Minggu, 14 Agustus 2022

Cacar Monyet: Wabah yang Bermula di Antara Para Gay dan Biseksual

- Minggu, 24 Juli 2022 | 07:07 WIB
Gejala cacar monyet pada manusia. Foto/Ist. (Foto/Ist.)
Gejala cacar monyet pada manusia. Foto/Ist. (Foto/Ist.)

KLIKANGGARAN -- Wabah cacar monyet adalah wabah penyakit pertama yang diberi label darurat kesehatan masyarakat oleh WHO pada Sabtu (23/7) sejak Covid-19 pada Januari 2020, dua bulan kemudian Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi global oleh organisasi tersebut.

Cacar monyet mirip dengan cacar manusia, yang berhasil diberantas pada tahun 1980, dan endemik di beberapa bagian Afrika barat dan tengah.

Gejala awal cacar monyet termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, pembengkakan kelenjar getah bening, kedinginan, dan kelelahan, dan mereka yang menderita mengembangkan lesi kulit yang khas.

Baca Juga: Orang Yahudi Masuk Mekah Bikin Rekaman ketika Puncak Haji di Arafah: Arab Saudi Tangkap Warganya

Kasus Eropa pertama terjadi hampir secara eksklusif pada pria gay dan biseksual, dengan pejabat kesehatan mencatat bahwa lesi muncul pada alat kelamin pasien.

Dilansir Russia Today, meskipun tidak jelas apakah wabah saat ini menyebar hanya melalui kontak seksual, Direktur WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan bahwa “(cacar monyet) adalah wabah yang terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, terutama mereka yang memiliki banyak pasangan seksual.”

Tedros meminta kelompok-kelompok yang mewakili laki-laki gay untuk "mengadopsi langkah-langkah yang melindungi kesehatan, hak asasi manusia dan martabat masyarakat yang terkena dampak," kata kepala WHO itu dan menyerukan para gay ini untuk menjauhkan diri dari aktivitas seksual.

Baca Juga: Comic-Con: Seri Prekuel The Lord Of The Rings : The Of Power jadi Perhatian Pengunjung, Kapan Tayang?

Vaksin gabungan untuk cacar dan cacar monyet sedang diproduksi, dan telah didistribusikan di kota-kota besar di AS, Inggris, dan beberapa negara Eropa.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X