• Senin, 15 Agustus 2022

WHO: Cacar Monyet Bukan Darurat Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional

- Minggu, 26 Juni 2022 | 08:26 WIB
Gejala cacar monyet pada manusia. Foto/Ist. (Foto/Ist.)
Gejala cacar monyet pada manusia. Foto/Ist. (Foto/Ist.)

KLIKANGGARAN -- Selama pertemuan komite darurat pada hari Sabtu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa wabah cacar monyet bukan merupakan Darurat Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Perhatian Internasional (PHEIC).

Pernyataan Komite Darurat WHO itu keluar ketika Director-General WHO, Tedros Ghebreyesus, menyebutnya “jelas merupakan ancaman kesehatan yang berkembang.”

“Saya sangat prihatin dengan penyebaran cacar monyet, yang sekarang telah diidentifikasi di lebih dari 50 negara, di lima wilayah WHO, dengan 3000 kasus sejak awal Mei,” kata Ghebreyesus itu dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan tersebut, sebagaimana dikutip Russia Today.

Baca Juga: Siapa Pinot yang Trending di Twitter, Simak Profil dan Faktanya Berikut! Apa yang Buat Warganet Doa untuknya?

Komite Darurat Peraturan Kesehatan Internasional, yang terdiri dari dua lusin pakar kesehatan dan ilmuwan dari seluruh dunia, mencatat bahwa “banyak aspek dari wabah multi-negara saat ini yang tidak biasa.”

Namun, meskipun "beberapa anggota menyatakan pandangan yang berbeda," komite akhirnya mencapai konsensus untuk menyarankan "bahwa pada tahap ini wabah harus ditentukan untuk bukan merupakan PHEIC."

Hanya pandemi virus corona Covid-19 dan upaya global berkelanjutan untuk memberantas polio yang saat ini ditetapkan sebagai PHEIC, atau darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, oleh WHO. Kembali pada 23 Januari 2020, badan kesehatan yang awalnya menolak untuk menyatakan Covid-19 sebagai PHEIC, meningkatkan level ancaman seminggu kemudian.

Baca Juga: Jika Sukses, Jamnas Arus Deras Sungai Rongkong Jadi Agenda Tahunan

Sejak awal Mei, ada lebih dari 3.200 kasus yang dikonfirmasi di 48 negara, termasuk Inggris, Spanyol, Jerman, Portugal, Kanada, AS, dan negara bagian lain di mana cacar monyet biasanya tidak menyebar, menurut WHO, selain ratusan orang yang dicurigai. kasus dan lusinan kematian yang dilaporkan di Afrika Tengah tahun ini.

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X