NASA Kehilangan Kontak dengan Probe CAPSTONE Bulan

- Rabu, 6 Juli 2022 | 06:41 WIB
Gambar hanya ilustrasi (NASA/Daniel Rutter)
Gambar hanya ilustrasi (NASA/Daniel Rutter)

KLIKANGGARAN -- Badan Antariksa dan Penerbangan Amerika Serikat (NASA) tengah meneliti pendekatan orbital untuk program Artemis Moon.

Sayangnya, penelitian NASA tersebut mengalami gangguan komunikasi setelah meninggalkan orbit rendah bumi.

Pernyataan ganguan yang dialami NASA tersebut disampaikan juru bicara NASA, Sarah Frazier, pada Selasa, 5 Juli 2022, sebagaimana dilansir oleh Russia Today.

Para insinyur NASA berharap segera dapat memperbaiki penyebab probe CAPSTONE kehilangan kontak, sekaligus dapat menyelamatkan misi yang dianggap penting untuk kembali ke Bulan.

Baca Juga: Kronologi dan Alasan Arawinda Dihujat Warganet dan Trending di Twitter, Faktanya Bikin Melongo!

Cislunar Autonomous Positioning System Technology Operations and Navigation Experiment (CAPSTONE) menyelidiki masalah komunikasi saat berhubungan dengan Deep Space Network, kata Sarah Frazier.

Tim pesawat ruang angkasa "bekerja untuk memahami penyebabnya dan membangun kembali kontak," kata Frazier, menambahkan bahwa mereka memiliki "data lintasan yang baik" berdasarkan kontak CAPSTONE sebelumnya dengan jaringan.

Frazier menambahkan bahwa probe "memiliki bahan bakar yang cukup untuk menunda manuver koreksi lintasan pasca pemisahan awal selama beberapa hari," jika perlu.

Baca Juga: Menteri Pertahanan Rusia: Senjata Kiriman Barat untuk Ukraina, malahan Dijual di Pasar Gelap

Halaman:

Editor: Insan Purnama

Sumber: rt.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X